BMKG: Sebagian Sulsel Masih Hujan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

BMKG: Sebagian Sulsel Masih Hujan

KOLAKAPOS, Makassar–Memasuki masa transisi dari musim penghujan ke kemarau pada bulan ini, diperkirakan sebagian wilayah di Sulawesi Selatan masih diguyur hujan. Khususnya wilayah Sulsel bagian barat dan selatan, walaupun intensitas hujannya kecil.

Kasubid Pelayanan Jasa BMKG Wilayah IV Makassar, Djarwo mengatakan, jika pada bulan ini wilayah Sulsel bagian barat dan selatan masih berada di periode musim penghujan. Namun telah memasuki periode akhir dan akan memasuki musim kemarau pada Mei.
Sulsel bagian utara diperkirakan akan selalu hujan dikarenakan daerah tersebut memang daerah penghujan. “Diperkirakan wilayah bagian barat dan selatan baru akan memasuki kemarau bulan depan, sedangkan wilayah utara yang meliputi Luwu Raya dan Toraja periodenya hujan terus karena di sana memang daerah hujan,” kata Djarwo.
Potensi terjadinya petir dan angin kencang pun dikatakan Djarwo masih akan ada di wilayah Sulsel bagian utara dan selatan, khususnya Makassar dan sekitarnya. Petir dan angin kencang justru akan semakin intens pada akhir April dan awal Mei.
Dimana pada saat itu adalah saat peralihan musim. “Petir dan angin kencang justru akan lebih sering terjadi pada periode akhir musim dan awal transisi tersebut,” kata Djarwo.
Soal bencana, Djarwo menambahkan, jika itu tergantung dari daerah masing-masing. Bencana yang sering terjadi akibat musim penghujan ini adalah banjir dan tanah longsor. Semua tergantung daerahnya apakah memiliki saluran air yang baik atau tidak. Jika tidak, maka masih berpotensi terjadi banjir di daerah tersebut.
Djarwo juga mengimbau masyarakat jika harus tetap waspada. “Hujan sekarang tidak menentu, sekarang hujan, mungkin beberapa hari lagi tidak hujan, terus kemudian hujan lagi. Masyarakat diharapkan berhati-hati dan selalu waspada karena hujan bisa turun dengan tiba-tiba,” imbau Djarwo.(bkm/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top