Bibit Cabai Gratis Disiapkan BPTP – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Bibit Cabai Gratis Disiapkan BPTP

ILustrasi

KOLAKAPOS, Kendari–Balai Pengkajian Tehnologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan bibit cabai secara gratis kepada warga yang ingin menanam cabai di pekarangannya.

Kepala BPTP SUltra Muhammad Asaad usai sosialisasi gerakan nanam cabai di Kendari, Minggu, mengatakan pihaknya menyiapkan bibit cabai sebanyak 150.000 anakan untuk tahun 2017.

“Bibit ini kami berikan kepada pihak yang akan mengembangkan cabai termasuk kepada Tim Penggerak PKK, KPPI, IWAPI Sultra, atau pun warga umum bisa datang langung di kantot BPTP,” kata Asaad.

Ia mengatakan bibit cabai yang disiapkan tersebut untuk kebutuhan warga menanam di pekarangan sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan nasional menanam cabai.

“Setiap warga yang datang akan diberikan lima pohon sesuai arahan gerakan nasional tanam cabai yakni setiap warga atau dumah menanam cabai minimal lima pohon,” katanya.

Ia mengaku dari target penyiapan bibit cabai tersebut, sudah banyak yang disalurkan kepada masyarakat melalui kerja sama dengan beberapa lembaga wanita di Sultra di antaranya PKK kabupaten/kota.

“Kamis siapkan bibit cabai di kebun bibit BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara dan KP Onembute di Konawe Selatan,” katanya.

Varietas cabai yang telah siap untuk didistibusikan kepada warga antara lain Lingga, Kencana dan cabai rawit lokal.

“Intinya, penyiapan bibit cabai ini merupakan tugas kami dari kementerian pertanian dalam rangka mensukseskan Gerakan Nasional Penanaman (Gertam) Cabai dengan bekerja sama beberapa pihak dalam pendistribusiannya,” ujarnya. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top