ATM BRI Dibobol, Rp100 Juta Dikuras – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

HUKUM & KRIMINAL

ATM BRI Dibobol, Rp100 Juta Dikuras

BKM/RUSDI NASARUDDIN DIBOBOL-ATM BRI DI PINTU GERBANG RSUD BARRU YANG DIBOBOL. UANG DARI DALAM ATM SENILAI RP100 JUTA BERHASIL DIKURAS PELAKU.

KOLAKAPOS, Barru–Suasana di halaman kantor Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Barru, Minggu (2/4) tampak sepi. Tidak begitu banyak aktivitas yang berlangsung. Maklum, hari libur.

Di pintu gerbang RS, terdapat Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Rakyat Indonesia (BRI). Terlihat seorang ibu yang tengah melakukan transaksi. Ia berencana menarik uang. Namun transaksi tak bisa dilaksanakannya. Ibu itupun keluar meninggalkan ATM.
Kondisi ATM itu masih seperti hari-hari sebelumnya. Tak ada pemasangan garis polisi (police line). Padahal, pihak BRI telah melapor ke Polres Barru bahwa automatic teller machine (ATM) itu baru saja dibobol. Uang yang dikuras pelaku dari dalam ATM mencapai angka Rp100 juta.
Dalam laporan polisinya, pihak BRI Barru mengklaim peristiwa tersebut berlangsung Jumat (31/3) malam. Kejadian ini bukan pertama kalinya. Sebelumnya, di awal tahun 2017, peristiwa serupa terjadi.
ATM yang dibobol terletak tidak jauh pos security RSUD Barru. Jaraknya hanya kira-kira 5 meter. Di belakangnya juga terdapat pangkalan ojek.
Beberapa pengojek yang ditemui, kemarin mengaku tidak tahu menhau kalau ATM BRI dibobol. ”Yang kami dengar informasinya hanya pembobolan pada bulan Januari. Kalau yang terjadi malam Sabtu, kami belum tahu. Tapi hari Sabtu kemarin memang ada beberapa pegawai BRI yang datang mengecek mesin ATM itu,” ujar seorang tukang ojek, diamini rekannya yang lain.
Security RSUD Barru juga mengungkapkan hal senada. Mereka hanya mendengar informasi dari mulut ke mulut kalau ATM BRI yang tak jauh dari posnya, telah dibobol.
”Bukan kami bertiga yang jaga pada malam kejadian. Teman kami yang piket malam itu,” kata salah seorang dari tiga security yang ditemui di RSUD Barru, kemarin.
Mereka mengakui jika pembobolan ATM sulit diketahui. Karena orang silih berganti keluar masuk. ”Tidak mungkin kita tanya mereka, apakah mau menarik atau mentransfer uang,” cetusnya.
Kasat Reskrim Polres Barru AKP Nasri, mengkonfirmasi kebenaran pembobolan mesin ATM BRI di RSUD Barru. ”Laporannya sudah kami terima. Kejadiannya Jumat malam. Pelaku membawa kabur uang Rp100 juta. Kasusnya masih dalam proses penyelidikan,” ujar Nasri.
Diperkirakan, pelaku melakukan aksinya dengan modus menggunakan kartu khusus. Hal itu dibuktikan dengan tidak ditemukannya kerusakan pada mesin ATM. Modus seperti ini, disebutkan Nasri, merupakan yang pertama kali terjadi di Barru.
Diakui Nasri, pihaknya memang tidak memasang garis polisi, karena tidak ingin mengganggu proses transaksi nasabah di ATM ini. Apalagi lokasinya berada di pelataran RS. Meski begitu, pihak Reskrim terus menyelidiki kasus pembobolan ATM milik bank pemerintah ini.
BKM mencoba untuk mengkonfirmasi Pimpinan Cabang (Pimcab) BRI Barru Boedhi Winaryo. Namun tidak berhasil. (bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top