Kepsek SMAN 1 Raha Didemo – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Kepsek SMAN 1 Raha Didemo

Puluhan Siswa SMAN 1 Raha tuntut Kepseknya turun dari jabatan. Lantaran mereka menganggap Kepseknya tidak transparan mengelola dana BOS.FOTO:Ahmad/Kolaka Pos

Tak Transparan Kelola Dana bos

KOLAKAPOS, Raha–Puluhan siswa SMAN 1 Raha, Kabupaten Muna menggelar aksi demonstrasi di depan sekolah mereka Senin (3/4). Dalam aksinya, ratusan peserta didik itu menuntut kepala sekolahnya (Kepsek) Muhiddin mundur dari jabatannya, lantaran mereka menganggap kepsek tersebut tidak trasparan dalam mengelola dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Ketua Majelis Permusyarawatan Kelas (MPK) Ikhsan Achmad Faudzan mengatakan dalam setiap pelaksanan kegiatan, baik itu kegiatan intra dan ekstrakurikuler, pihak sekolah selalu lambat dalam merespon kegiatan siswa. Dimana Kepsek kata dia selalu beralasan tidak ada dana BOS, apalagi untuk membiayai kegiatan OSIS.

“Dikemanakan dana BOS yang ada di sekolah kami ini. Tolong pihak sekolah harus transparan. Dan pihak sekolah segera menggantikan dana siswa yang dipakai pada saat pemilihan ketua MPK dan dana bakti sosial pramuka yang pada saat ini dana yang dipakai masih menggunakan uang pribadi kami,” ujar Fauzan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala SMAN 1 Raha Muhiddin mengatakan, terkait transparasi dana BOS pihaknya kesulitan untuk menyampaikan berapa besar dana itu karena belum ada kegiatan laporan dari siswanya.

“Kalau ada laporan kegiatan siswanya dan itemnya, sehingga kita bisa mematok berapa besar dana yang mereka butuhkan,” ucap Muhiddin

Terkait dengan tuntutan siswanya agar dirinya turun dari jabatan Kepsek SMAN 1 Raha, Muhidin menganggap tuntutan siswanya tersebut tidak berdasar. “Silahkan kalau memang saya harus turun. Tetapi, bagi saya apa yang mereka tuntut itu tidak berdasar. Kerena semua sudah kita lakukan,” katanya.

Berapa besar dana BOS yang diterima SMAN 1 Raha tahun ini, Muhidin mengatakan dirinya belum mengetahui jumlahnya. ” Ini persoalan nasional. Sampai dengan hari ini, (Senin, 3/4/2017. Red) untuk anggaran Januari sampai Maret itu belum turun. Jadi saya harapkan siswa dapat memahami,” pintanya.

Pantauan Kolaka Pos aksi domostrasi puluhan siswa tersebut tidak hanya digelar di depan sekolah mereka, namun aksi mereka terus berlanjut hingga ke kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas PK) Muna. Dengan harapan, Kepala Dinas PK Muna La Ege dapat merespon tuntutan mereka dan menyampaikan keluhan mereka itu ke Dinas PK Provinsi Sultra. (m1/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top