Deflasi Kendari, Maret 0,24 Persen – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Deflasi Kendari, Maret 0,24 Persen

KOLAKAPOS, Kendari–Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, pada Maret 2017 mengalami deflasi 0,24 persen atau pertama selama di tahun ini yang sebelumnya pada Januari dan Februari mengalami inflasi.

Kepala BPS Sultra, Atqo Mardiyanto yang diwakili Kabid Statistiik Surianti Toar dan Kabid Analisis dan Statistik Wa Salima di Kendari, Senin, mengatakan, terjadinya deflasi itu karena adanya pengaruh terhadap kelompok pengeluaran khususnya bahan makanan menyumbang andil yang sangat besar yakni mencapai 0,29 persen.

“Dari 82 kota yang menghitung IHK, 33 kota tercatat deflasi dan 49 kota alami inflasi. Deflasi tertinggi di Tanjung Pandan 1,49 persen dan deflasi terendah terjadi di Kota Padang dan Purwekerto 0,01 persen,” ujaranya.

Sementara inflasi tertinggi terjadi di Merauke 1,24 persen dan inflasi terendah terjadi di Tambilahan dan Kota Banjarmasin 0,01 persen.

Sedangkan penyumbang inflasi tertinggi selama Maret, lanjut Surianti, terjadi pada enam kelompok pengeluaran di antaranya kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau, kesehatan, pendidikan rekreasi dan olah raga serta jasa transportasi.

Sementara kelompok pengeluaran lainnya yang mempengaruhi deflasi adalah bahan makanan. Sedangkan kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga juga alami deflasi namun kejadiannya pada tahun kalender yang sama dengan prosentasi yang kecil yakni 0,01 persen.

“Walaupun hanya kelompok pengeluaran bahan makanan yang alami deflasi, namun dari enam kelompok pengelauran yang tergolong inflasi dengan prosentasi yang hanya berkisar 0,01 hingga 0,23 persen pada kelompok kesehatan,” ujarnya. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top