OJK Mampu Jaga Stabilitas Industri Keuangan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

OJK Mampu Jaga Stabilitas Industri Keuangan

OJK. Foto: JPNN

KOLAKAPOS, Jakarta–Kehadiran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dinilai sangat bermanfaat dalam menjaga stabilitas industri jasa keuangan.

Ekonom PT Bank BTN Winang Budoyo dalam seminar nasional bertema Evaluasi Lima Tahun Lembaga Keuangan dalam Pengawasan OJK di Jakarta, Kamis (30/3).

“Selama 5 tahun ini OJK sudah menjalankan fungsinya sebagai pengawas industri keuangan dan relatif bisa menjaga industri keuangan tetap stabil di tengah kondisi ekonomi global yang bergejolak,” ujar Winang.

Winang mengatakan, tantangan OJK ke depan adalah bagaimana mendorong lebih banyak orang Indonesia yang terlibat dalam industri keuangan.

Untuk itu OJK harus lebih mengintensifkan edukasi, komunikasi serta sosialisasi.

Sementara, Advisor Bidang Hubungan Internasional dan Kelembagaan pada Grup Dukungan Dewan Komisioner OJK Triyono mengatakan, dalam lima tahun ini sudah banyak yang dilakukan OJK baik dari sisi regulasi, edukasi, sosialiasi dan pengawasan.

“Semuanya kami lakukan untuk mendukung sektor jasa keuangan berjalan lebih baik lagi dan bisa berkontribusi pada perekonomian Indonesia,” jelas Triyono.

Menurut Triyono dari sisi edukasi dan sosialiasasi, OJK telah melakukan upaya untuk meningkatkan literasi keuangan dengan mendorong perbankan ikut serta dalam program Laku Pandai.

Dengan upaya meningkatkan literasi keuangan ke berbagai daerah diharapkan makin banyak orang yang bertransaksi melalui bank.

“Minimal menabung dulu agar bisa disiplin. Setelah itu transaksi perbankan lainnya seperti kredit,” jelasnya.

Sementara untuk menghindari masyarakat terjebak dalam penipuan investasi bodong, OJK bersama lembaga terkait telah membentuk Satgas Waspada Investasi.

Karena itu, Triyono meminta masyarakat agar tidak mudah tergiur tawaran bunga tinggi yang tidak masuk akal.(chi/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top