Kendari Jalin Kerjasama dengan Prancis – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Kendari Jalin Kerjasama dengan Prancis

Walikota La Rochelle-Prancis Jean Francous Fountaine beserta rombongan di dampingi Walikota Kendari Ir Asrun saat berpose di depan Kantor Walikota Kendari.FOTO: Asbar/Kolaka Pos

Jadikan Kedua Negara Kota Kembar

KOLAKAPOS, Kendari–Walikota La Rochelle-Prancis Jean Francous Fountaine
beserta rombongan didampingi Walikota Kendari Ir Asrun, tiba di Kendari Kamis (30/3), tujuan kedatangan tersebut untuk bertatap muka secara langsung dengan jajaran Pemerintah Kota Kendari. Pasca penandatangan Memorandum Of understanding (MoU) kedua kota tersebut dihadapan Presiden Prancis Francois Hollande dan Presiden Indonesia Joko Widodo, bertempat di Istana Negara Rabu (29/3).
Menurut Walikota Kendari Asrun, Kerja sama antara pemerintah kota Kendari dan Rochelle ialah menjadikan kedua kota tersebut sebagai kota yang kembar, mengingat kedua kota tersebut sama-sama berada di Wilayah teluk.

“Patut kita syukuri dan bangga karena kota Kendari dan Kacgell menandatagani MoU mitra kota atau Sister City. Dan yang paling membanggakan hal tersebut ditandatangani langgsung dihadapan presiden kedua negara Prancis dan Indonesia. Ini adalah kota Sister City pertama untuk Indonesia dan Prancis,” katanya.

Kata dia kedua kota tersebut tidak hanya bekerja sama dibidang infrastruktur tetapi juga di bidang maritim & budaya.

“Kalau untuk mereka kebanyakan budaya kita yang akan kita perkenalkan disana sebab kalau untuk infrastruktur mereka sudah sangat baik,” sebutnya.

Dikatakan kerja sama tersebut sangat menguntungkan sebab ini adalah momen untuk memperkenalkan kota Kendari ke dunia untuk dilirik oleh para wisatawan dan investor.

“Ini adalah upaya-upaya kita untuk menjual negara kita ke daerah-daerah Eropa, selama ini kita susah untuk memperkenalkan daerah kita ke daerah Eropa, tetapi dengan kerja sama ini kita sudah memiliki akses untuk memperkenalkan daerah kita di mata dunia khusunya Eropa yang tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat. Olehnya itu hal ini harus benar-benar kita tindak lanjuti agar kedua kota ini benar-benar mendapatkan manfaat,” tandasnya.

Pantauan Kolaka Pos, setibanya di kota Kendari Asrun langsung menggelar pertemuan antara Pemerintah Kota Kendari dengan Walikota La Rochelle-Prancis Jean Francous Fountaine beserta rombongan.

Dalam pertemuan tersebut Asrun memperkenalkan Kota Kendari secara detail, sedangkan Jean Francous Fountaine mempresentasikan beberapa pembangunan Rochelle uang kemungkinan besar juga akan dilakukan di kota Kendari, seperti Akuarium raksasa, penanggulangan banjir, dan pengelolan air bersih (k1/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top