Jatah CJH Luwu 274 Orang – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Jatah CJH Luwu 274 Orang

Net/Ilustrasi

Daftar Tunggu Tetap Tinggi

KOLAKAPOS, Belopa–Sejak tahun 2013 kuota haji di Kabupaten Luwu mengalami pengurangan 20 persen. Untuk pemberangkatan haji tahun ini, kuota haji dipastikan kembali normal bahkan mendapat tambahan tiga kursi. Demikian yang diungkapkan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Luwu, Drs HM Jufri MA.

“Sejak tahun 2013 pemberangkatan haji dikurangi 20 persen dari kuota awal, sehingga yang berangkat tinggal 217 orang. Tetapi kita patut bersyukur, karena untuk tahun 2017 ini kuota kembali normal menjadi 271 orang. Bahkan kami baru mendapat informasi ada penambahan jatah sebanyak 3 kursi. Sehingga total yang akan kita berangkatkan ditahun 2017 ini sebanyak 274 orang,” ungkap HM Jufri.

M Jufri mengatakan, kepastian jumlah CJH Luwu yang akan diberangkatkan sebanyak 274 orang ini telahditungkan dalam surat keputusan gubernur Sulsel, sehingga tidak diragukan lagi.
“Beberapa waktu lalu kita menunggu Keputusan Menteri Agama (KMA), dan KMA tersebut sudah turun dan telah ditindaklanjuti dengan SK Gubernur Provinsi Sulsel,” kata Jufri, seraya menambahkan untuk Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) saat ini pihaknya masih menunggu informasi dari pemerintah pusat.
Meskipun tahun ini kuota CJH Luwu bertambah, namun masih belum terlalu mempengaruhi daftar tunggu (waiting list) CJH Luwu yang saat ini sudah mencapai hampir 4 ribu-an orang.
“Untuk tahun 2017 yang diberangkatkan sebanyak 274 orang. Tetapi perlu diingat, meskipun kuota haji bertambah tetapi pendaftar haji juga setiap hari selalu bertambah. Bahkan daftar tunggu (waiting list) CJH Luwu sesuai data sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) sudah mencapai kisaran 4 ribuan orang,” jelas Jufri.

Jufri menambahkan, jika tahun ini yang diberangkatkan 274 orang dan dapat dilakukan seterusnya setiap tahun, maka CJH Luwu yang mendaftar hari ini berpeluang diberangkatkan pada tahun 2031 mendatang, atau sekitar 14 tahun kemudian.

“Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menunaikan ibadah haji, kami menyarankan yang sudah memiliki kemampuan, silahkan saja mendaftarkan diri pada bank yang ditunjuk. Kita tidak usah berpikir soal waktu yang lama untuk menunggu. Hanya Allah SWT yang menentukan kapan waktu yang tepat kita mampu memenuhi panggilan Allah,” tandas Jufri. (palopopos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top