Burahim: Penyandang PMKS dan PSKS Perlu Diberikan Penyuluhan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Burahim: Penyandang PMKS dan PSKS Perlu Diberikan Penyuluhan

Kepala Dinsos Konsel (tengah) saat melakukan penyuluhan bersama Dinsos Sultra di kecamatan Tinanggea.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Dinas Sosial Konsel bekerjasama dengan Dinas Sosial Provinsi Sultra, menggelar penyuluhan sosial masyarakat terkait Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) di kecamatan Tinanggea.

Kepala Dinas Sosial Konsel Burahim mengungkapkan, dengan adanya kesenjangan sosial yang terjadi antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya, maka terkait penyuluhan PMKS dan PSKS di Konawe Selatan ini sangat penting.
“Agar masalah PMKS dan PSKS, tidak menjadi masalah sosial di masyarakat. Maka penyandang kedua masalah sosial tersebut, perlu diberikan penyuluhan,” ungkapnya.
Biasanya, lanjut dia, gesekan sosial di masyarakat dikarenakan perbedaan kesejahteraan masyarakat dan juga karena sumber daya manusia yang belum memadai, sehingga untuk menggali potensi-potensi yang ada sangat minim.
“Padahal PSKS dengan sumber daya alam yang melimpah di wilayah Konsel cukup menjanjikan, baik itu di sektor kelautan dan perikanan, pertambangan, pertanian dan peternakan. Sehingga fokus dari penyuluhan ini, agar masyarakat dapat mengembangkan potensi yang ada dan dapat dijadikan potensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.
Mantan Kepala Dinas Pariwisata Konsel ini menambahkan, masalah kesejahteraan di masyarakat bisa juga terjadi, karena adanya perbedaan pendapatan dalam masyarakat itu sendiri, sehingga akan menimbulkan adanya kecemburuan sosial yang berimflikasi terhadap tindakan sosial yang muaranya kepada kriminal.
“Kita harapkan melalui kesempatan penyuluhan ini, masyarakat mendapatkan gambaran akan potensi yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Sehingga tidak menimbulkan masalah terhadap kesejahteraan sosial,” harapnya.
Pemerintah melalui Dinas Sosial, juga akan memberikan pelayanan dan bantuan terkait kesejahteraan sosial di masyarakat. (k5)

Click to comment

The Latest

To Top