Bapenda Tertibkan Pelunasan PBB–Bakal Launching SPPT dan STTS – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Bapenda Tertibkan Pelunasan PBB–Bakal Launching SPPT dan STTS

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Palopo–Inovasi terbaru dilakukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palopo dalam menertibkan pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Ke depan akan dilaunching penyerahan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) dan Surat Tanda Terima Setoran (STTS) Pajak Bumi dan Bangunan Tahun 2017.

Launchingnya, menurut Kepala Bapenda Kota Palopo, Abd Waris akan dilaksanakan, Senin 3 April 2017 mendatang di kantor Gabungan Dinas (Gadis).

“SPPT ini akan diserahkan ke camat, nanti camat yang akan menuruskan ke masing-masing kelurahan. Dari kelurahan dilanjutkan lagi keseluruh wajib pajak yang ada di kelurahan masing-masing,” kata Abd Waris kepada Palopo Pos, Rabu 29 Maret 2017 kemarin.

Itu dilakukan, sebut mantan Kabag Kesra Setda Palopo mengingat target Kota Palopo tahun ini sebesar Rp3,5 Miliar dari pagu sejumlah Rp3,9 Miliar. Tahun sebelumnya sebesar Rp3 Miliar yang terealisasi.

“Di bulan April 2017 mendatang, wajib pajak sudah mulai membayar pajak bumi dan bangunan melalui Bapenda yang dilakukan oleh para kolektor di masing-masing kelurahan,” ucapnya.
Meski para kolektor yang menagih, namun pembayarannya tetap melalui bank. Jadi, pihak kelurahan akan melaporkan ke Bapenda tentang wajib pajak yang sudah melunasi tunggakan pajaknya. Apakah per minggu atau per bulan.

Jika tak melunasi, maka pihak Bapenda akan memberikan sanksi tegas kepada wajib pajak.

“Ada denda sebesar dua persen yang kita kenakanan setiap tahunnya,” tambah Abd Waris.

Hanya saja, ada beberapa kendala yang sulit dihindarkan dalam penagihan pajak bumi dan bangunan.

“Ada wajib pajak yang punyah tanah di Palopo tetapi tinggalnya di Makassar. Bahkan ada yang di Papua dan Kalimantan. Ini yang menyulitkan para kolektor menagih,” tutupnya.(palopopos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top