Pemkab Gowa Bayarkan Klaim 546 Rujukan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Pemkab Gowa Bayarkan Klaim 546 Rujukan

KOLAKAPOS, Gowa–Selama dua bulan atau periode Januari dan Februari 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa membayarkan klaim sebanyak 546 rujukan ke RSU Labuang Baji Makassa. Pada Januari, pasien yang dirujuk ke Labuang Baji 251 orang dan Februari sebanyak 295 orang.
”Itu baru klaim dua bulan untuk rujukan ke RSU Labuang Baji. Sedangkan untuk RSU Haji, kita belum terima laporan klaimnya,” jelas H Salahuddin, Direktur RSUD Syekh Yusuf saat memberi penjelasan tentang pelayanan kesehatan gratis, di Gowa.
Dalam pertemuan yang dipandu Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni didampingi Kabag Humas dan Kerjasama Setkab Gowa, Abdullah Sirajuddin ini, turut dihadiri para anggota Tim PTP Kestis masing-masing Kadis Kesehatan Gowa, dr H Hasanuddin, Direktur RSUD Syekh Yusuf, H Salahuddin, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gowa, H Ambo, Inspektur Inspektorat Gowa, Kamaluddin Serang serta Kadis Pengelolaan Keuangan Daerah Gowa, H Abd Karim Dania.
Dalam pertemuan itu, tim PTP Kestis (Kesehatan Gratis) ini menyampaikan jika program pelayanan kesehatan gratis telah dilaksanakan sesuai proporsinya. Bahkan, seperti dijelaskan H Salahuddin, program ini sesuai Perda No 4 tahun 2009 yang pelaksanaannya berlaku mulai ditingkat desa, kecamatan, hingga level kabupaten.
”Yah, memang banyak polemik yang muncul ketika Gowa menyatakan keluar dari integrasi BPJS Kesehatan. Sejak itu, Pemkab telah melakulan sharing pelayanan kestis dengan pemerintah provinsi. Masyarakat perlu memahami bahwa Gowa tidak sepenuhnya keluar dari kepesertaan BPJS Kesehatan itu, tapi Pemkab Gowa hanya memutuskan kepesertaan sebanyak 119.601 jiwa dari kalangan masyarakat kurang mampu saja. Sementara peserta BPJS mandiri lainnya di Gowa tetap jalan. Jadi yang kita tangani klaim-klaim pembiayaan kestisnya hanya kepada 119.601 orang yang dimaksud,” jelasnya Salahuddin diiyakan seluruh anggota tim.
Pemkab Gowa melalui RSUD Syekh Yusuf, telah melakukan kerjasama dalam bentuk MoU dengan dua rumah sakit rujukan di Makassar, yakni RSU Labuang Baji dan RSU Haji. Dan saat ini sementara menjajaki kerjasama serupa dengan RSU Wahidin Sudirohusodo. (bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top