Koltim Dapat Jatah 700 Ha Cetak Sawah Baru – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Koltim Dapat Jatah 700 Ha Cetak Sawah Baru

KOLAKAPOS, Tirawuta–Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur kembali mendapat bantuan pada tahun ini, khususnya pada bidang pertanian. Dimana Daerah Otonom Baru hasil pemekaran Kabupaten Kolaka ini mendapatkan kuota cetak sawah hingga ratusan hektar. Hal itu dikatakan langsung oleh Kadis Pertanian Kabupaten Kolaka Timur Laski Paemba beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, untuk tahun ini Kolaka Timur secara keseluruhannya diberikan cetak sawah baru 700 hektar. Jumlah tersebut lebih menurun bila dibandingkan dengan kuota cetak sawah baru di tahun sebelumnya. Sebab, di tahun sebelumnya, Kolaka Timur mendapat cetak sawah baru mencapai ribuan hektar.

“Tahun lalu 1000 hektar. Semuanya menggunakan anggaran yang bersumber dari APBN. Begitu juga dengan tahun lalu mamupun tahun ini,” ungkapnya.

Dari 700 hektar itu lanjut Laski, akan ditempatkan di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Kolala Timur yang memiliki potensi persawahan. Diantaranya adalah, Kecamatan Aere, Ladongi, Lambandia, Poli-polia, Uesi, Uluiwoi, Tinondo, Lalolae, Mowewe dan Loea.

“Tapi semua itu masih kami verifikasi kelayakannya,” tuturnya.

Untuk itu katanya, saat ini sementara dilakukan pendataan. Setelah itu, langsung action dilapangan. “Pelaksanaannya kemungkinan pada Mei mendatang dan melibatkan pihak TNI. Karena program cetak sawah di swakelolakan ke pihak TNI,” jelasnya.

Untuk itu ia berharap, semoga dengan adanya program pemerintah terkait cetak sawah baru di Koltim ini selain meningkatkan pendapatan para petani, diharapkan Negara dan koltim khususnya dapat mewujudkan ketahanan serta kedaulatan pangan. “Kalau kita berdaulat di bidang pangan maka sektor lain pun akan ikut berkembang,” tutupnya. (ing)

Click to comment

The Latest

To Top