Polres Kawal Ketat Soal UN SMA – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Polres Kawal Ketat Soal UN SMA

Soal UN tingkat SMA dan sederajat telah tiba di Mapolres Kolaka.FOTO:Muzakkir/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Soal Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat, telah tiba di Mapolres Kolaka, yang terletak di jalan Pahlawan, kelurahan Lamokato, kecamatan Kolaka, Senin (27/3) sore sekitar pukul 15.00 Wita. Dokumen negara tersebut tiba di Kolaka, dengan pengawalan ketat dari personel Polres Kolaka, menggunakan mobil bak tertutup.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA se-kabupaten Kolaka, Yoyok P. Susanto mengatakan, penyaluran soal UN ke kecamatan bakal didistribusikan Sabtu (8/4) mendatang, yang diambil langsung oleh pihak sekolah, dengan pengawalan anggota Polisi menuju Polsek terdekat. “Pelaksanaan UN kan berlangsung pada Senin (10/4) hingga Kamis (13/4), jadi distribusi ke kecamatan nantinya H-3 pelaksanaan UN,” ungkapnya saat ditemui di Polres Kolaka, kemarin.
Dia berharap, mekanisme penyaluran soal UN kedepannya bisa lebih baik lagi. Sebab, saat ini dirinya menilai distribusi lembar negara tersebut, antara pelaksana UN di Kementerian, dengan kepolisian ada kesalahpahaman. “Lembar soal UN yang berjumlah 30 dos tersebut, terbagi dalam 17 dos untuk soal UN jurusan IPA dan 13 dos soal jurusan IPS, yang terdiri dari soal UN Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, Kimia, Fisika dan Biologi,” tandasnya.
Sementara itu, Kasat Intelkam Polres Kolaka, AKP Johan Armando Utan menjelaskan, berkaitan dengan dokumen negara, Polres Kolaka memiliki kewenangan untuk menjaga keamanan, serta kerahasiaan naskah soal UN. “Hal ini kami lakukan, demi menjaga aksi curang yang dilakukan oleh oknum tertentu, yang berkaitan dengan pelaksanaan UN yang akan datang,” ungkapnya.
Dia berharap, dengan pengawalan ketat polisi, pelaksanaan UN mendatang bisa berjalan dengan baik dan lancar, serta tidak terjadi kebocoran soal, sebagaimana yang kerap terjadi di daerah lain setiap pelaksanaan UN. (cr1)

Click to comment

The Latest

To Top