Perahu Wisatawan Pulau Padamarang Tenggelam–Semua Penumpang Berhasil Dievakuasi – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Perahu Wisatawan Pulau Padamarang Tenggelam–Semua Penumpang Berhasil Dievakuasi

Evakuasi yang dilakukan Basarnas Pos Sar Kolaka.FOTO:Muzakkir/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–11 wisatawan yang hendak melakukan rekreasi di pulau Padamarang, Kolaka, nyaris tenggelam Jumat (24/3) lalu sekitar pukul 15.35 Wita. 11 orang rombongan yang menggunakan perahu nelayan, nyaris tenggelam saat perjalanan menuju pulau Padamarang, di perairan teluk Bone, Kolaka.

Anggota Basarnas Pos Sar Kolaka, Laode Muhammad Buhari menjelaskan, peristiwa tenggelamnya perahu nelayan, yang digunakan oleh para wisatawan pulau Padamarang, setelah salah satu keluarga korban melaporkan ke kantor Basarnas.
“Posisinya berada di Tomba merah, antara pulau Padamarang dan pelabuhan Kolaka,” ungkapnya yang ditemui usai melakukan evakuasi.
Tim SAR yang tergabung dalam Basarnas pos Sar Kolaka, TNI AL pos Kolaka, bersama Pol Air Polres Kolaka, melakukan evakuasi terhadap 11 orang rombongan wisatawan pulau Padamarang, kabupaten Kolaka.
“Kami mendapat informasi sekitar pukul 15.35 Wita, kemudian tiba di tempat kejadian musibah sekitar pukul 16.30 Wita, dan menemukan perahu sudah dipenuhi air,” ujarnya.
Salah seorang rombongan wisatawan yang ikut dalam rombongan, Irfan mengatakan, saat itu posisi kapal yang ditumpanginya mengalami kerusakan pada lambung, sehingga air masuk dan memenuhi lambung kapal hingga pada bagian depan perahu. “Baru setengah perjalanan, tiba-tiba lambung kapal sudah full air yang masuk,” ungkapnya.
Meski tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun satu orang korban atas nama Riana, terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Benyamin Guluh Kolaka, karena mengalami sesak.
Sementara, informasi yang berhasil dihimpun, 11 orang rombongan wisatawan pulau Padamarang masing-masing bernama Ari selaku nakhoda kapal, bersama Irfan, Indra, Ani, Fitri, Riana dan Wahid warga kabupaten Kolaka. Sementara Marsik warga kabupaten Kolaka Timur, Yuni dan Taufik warga kota Kendari, serta Widya warga Konawe Selatan. (cr1)

Click to comment

The Latest

To Top