Terowongan Underpass Tembus – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Terowongan Underpass Tembus

KOLAKAPOS, Makassar–Pengerjaan penggalian terowongan di underpass Simpang Lima Bandara dipastikan selesai Jumat (24/3). Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XIII, bahkan akan mengundang langsung Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo untuk menyaksikan tembusnya terowongan tersebut.

Kepala Satuan Kerja (Satker) Jalan Metropolitan BBPJN XIII, Amin Hamid menjelaskan, hingga Kamis (23/3), posisi penggalian terowongan sebenarnya sudah tembus. Namun ditunggu kesediaan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo untuk melihat secara langsung pekerja menembuskan terowongan itu.
Dia berharap Jum’at (24/3), Gubernur punya waktu untuk melihat progres pekerjaan di underpass itu.
“Semoga Bapak Gubernur bersedia melihat secara langsung proses untuk menembuskan terowongannya, ” kata Amin.
Pada kunjungan gubernur ke underpas pertengahan Maret lalu, posisi penggalian masi tersisa 15 meter.
Sementara secara keseluruhan, perkembangan pembangunan sudah ada pada posisi sekitar 80 persen. Melihat perkembangan pekerjaan yang cukup pesat, Amin yakin underpass sudah bisa dipergunakan sebelum Lebaran Idul Fitri mendatang.
Total panjang terowongan yang digali sekitar 110 meter.
Selain terus menggenjot pekerjaan underpass, kolam air mancur yang dibangun di tengah-tengah simpang lima juga mulai dikerjakan.
Site Engineer Konsultan Paket Underpass Rahman Iskandar menjelaskan sudah ada kontraktor dari Surabaya yang ditunjuk untuk mengerjakan kolam air mancur yang digambarkan mirip seperti Bundarah HI di Jakarta.
Dia melanjutkan, sambil menunggu penyelesaian penggalian terowongan, semua pekerjaan diatasnya mulai dirampungkan. Juga sudah dirancang ornamen yang akan dipasang di sisi kiri dan kanan terowongan. Rencananya, ornamen yang akan dipasang menjadi perwakilan tiga etnis yang ada di Sulsel yakni Makassar, Bugis, dan Toraja.
Sejauh ini masih tersisa 110 hari kerja untuk penyelesaian proyek underpass itu. Jika melihat progres yang cukup lancar, diperkirakan underpass sudah bisa digunakan sebelum lebaran mendatang. (bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top