Pemkot Serahkan LKPJ Wali Kota Pekan Depan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Pemkot Serahkan LKPJ Wali Kota Pekan Depan

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Makassar Adwi Awan Umar menegaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan menyodorkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota Makassar ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar pekan depan.
Apalagi, kata Sekwan, dewan telah meminta Bappeda agar LKPJ tersebut segera diberikan di DPRD Makassar. “Kita sudah berkoordinasi dengan pemkot. Kita sepakat harus diserahkan pekan depan semoga tidak terlambat lagi,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya.
Adwi juga menjelaskan, LKPj itu sesuai aturan semestinya diserahkan Maret, yakni paling lambat tiga bulan setelah anggaran berakhir. LKPj tersebut berisi laporan kinerja Pemkot Makassar selama setahun.
“Kinerja ini sesuai dengan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Makassar dan dewan masih merumuskan susunan panitia khusus pembahasan LKPj,” bebernya.
Sedangkan saat dikonfirmasi terpisah, Direktur Komite Pemantau Legislatif Sulawesi, Musaddaq mengatakan bahwa Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mengatur bahwa kepala daerah menyampaikan laporan keterangan pertanggung jawaban kepada DPRD satu kali dalam setahun.
Laporan itu bersifat penting karena merupakan indikator pemerintah daerah pada satu tahun sebelumnya, juga menjadi bukti penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemda.
“Dari LKPj itu, masyarakat bisa mengevaluasi langsung pemerintah, jika terlambat akan mengakibatkan fungsi pengawasan DPRD terhadap pemerintah tidak berjalan maksimal,” ujarnya.(bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top