Kepsek Dilibatkan Untuk Raih Adipura – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Kepsek Dilibatkan Untuk Raih Adipura

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pendidikan Kota Makassar mengumpulkan seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) yang ada di Kota Makassar, di kediaman pribadi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Jalan Amirullah.

Keberadaan ratusan kepsek tersebut untuk mendapatkan pengarahan tentang cara meraih adipura adiwiyata Kota Makassar tahun 2017.
Dalam kesempatan itu, Kadisdik Kota Makassar, Ismunandar menyampaikan harapan Pemerintah Kota Makassar agar seluruh kepsek dapat memanfaatkan kegiatan itu sebaik mungkin. Sehingga sekolah yang dipimpin mereka dapat meraih adipura adiwiyata setelah mengikuti kegiatan.
“Kami sengaja menghadirkan BLHD Sulsel untuk memberikan pengarahaan. Sehingga Kepsek yang hadir diharapkan dapat menerapkan sesuatu yang disampaikan BLHD Sulsel untuk dapat meraih adipura adiwiyata,” singkatnya.
Di tempat yang sama, Kepala BLHD Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Hasbi Nur saat membuka kegiatan menyampaikan ke seluruh kepsek untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolahnya termasuk penataan taman agar dapat meraih adipura adiwiyata. Apalagi, Kota Makassar memiliki ketertarikan tersendiri dari kota atau kabupaten yang ada di Sulsel.
Hasbi Nur menambahkan, torehan prestasi adipura yang telah banyak diraih Kota Makassar menjadi alasan penting seluruh sekolah di Kota Makassar dapat meraih adipura adiwiyata. Namun untuk meraih adipura adiwiyata seluruh Kepsek harus menciptakan sekolah yang ramah lingkungan. Untuk mewujudkan itu, diperlukan kerjasama seluruh pihak mulai dari siswa siswi maupun orang tua.
“Ini yang harus dipahami untuk dapat meraih penghargaan adipura adiwiyata. Seperti diperlukan kerjasama dan partisipasi aktif mulai dari siswa siswi maupun orang tua siswa. Kerja bakti atau bersi-bersih yang rutin dilakukan kepsek, guru, siswa dan orang tua siswa diharapkan bukan hanya dilakukan di dalam sekolah tetapi orang tua siswa dapat melakukan di lingkungan tempat tinggal. Selain membantu sekolah meraih adipura adiwiyata kegiatan itu juga dapat menjadikan Makassar lebih bersih,” sambutnya.
Dikatakannya, sampai saat ini masih banyak ditemukan sekolah yang belum dapat memanfaatkan apa yang ada di dalam sekolah seperti taman, sampah plastik dan kertas bekas. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik khususnya sampah plastik, selain menciptakan lingkungan sekolah yang bersih untuk meraih adipura adiwiyata juga dapat bernilai ekonomis.
“Masih banyak sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang tidak dimanfaatkan seperti pemeliharaan taman, komposit, pemakaian listrik dan pemakaian air. Pihak sekolah harus benar-benar memanfaatkan apa yang ada di dalam sekolah karena hal itu masuk dalam penilaian,” katanya. (bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top