Kejari Konsel Perkenalkan Hukum di Sekolah – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Kejari Konsel Perkenalkan Hukum di Sekolah

Kegiatan penyuluhan hukum di salah satu sekolah di Konsel.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe Selatan (Konsel), kini tengah gencar melaksanakan kegiatan penerangan hukum Melalui program Jaksa masuk sekolah. Untuk triwulan satu tahun 2017, meliputi Sekolah Menengah Kejuaran (SMK) 3 Konsel Kecamatan Buke, SMA 15 Konsel Kecamatan Baito dan SMP 15 Konsel Kecamatan Benua.

Kejari Konsel melalui Kepala Seksi (Kasi) Intel Ramadan menjelaskan, adapun materi yang dibawakan adalah tentang perlindungan anak. Dimana anak rentan berhadapan dengan hukum dan Narkotika.

“Kemudian juga ada materi penguatan generasi muda anti Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN),” jelasnya.

Tujuan kegiatan ini lanjut dia, adalah untuk mengenalkan hukum secara dini kepada generasi muda agar dapat berperilaku sebagai generasi muda yang taat hukum.

“Kegiatan ini juga, merupakan salah satu program yang disusun oleh Kejaksaan RI. Dalam upaya turut serta mengimplementasikan program Nawacita, khususnya Nawacita kedelapan yaitu melaksanakan revolusi karakter bangsa, sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dibidang hukum,” terangnya.

Ditambahkannya, dari kegiatan tersebut sangat mendapat antusias dari sekolah, utamanya tenaga pendidik dan para siswa. Untuk triwulan kedua Kejari Konsel akan lebih meningkatkan lagi kegiatan penerangan hukum, program Jaksa masuk sekolah baik dari kuantitas maupun kualitasnya.

“Disamping itu, kami juga telah melaksanakan penyuluhan hukum dibeberapa desa, diantaranya Desa Anese Kecamatan Andoolo, Desa Andoolo Kecamatan Andoolo dan Kecamatan Buke,” ungkapnya.

Tujuan penyuluhan di Desa, Untuk meningkatkan pelaksanaan tugas preventif Kejaksaan, serta kualitas dan kuantitas pelayanan kebutuhan masyarakat dibidang hukum. Agar masyarakat dalam arti luas mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajibannya sebagai warga negara dalam rangka tegaknya supremasi hukum yang pada gilirannya akan terbentuk perilaku masyarakat yang taat hukum. (k5/b/hen)

Click to comment

The Latest

To Top