Enam Ribu Warga Maros Tak Miliki E-KTP – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Enam Ribu Warga Maros Tak Miliki E-KTP

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Maros–Carut marutnya pengurusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), turut berdampak di Kabupaten Maros, Lebih dari enam ribu warga tidak memiliki e-KTP. Dari jumlah itu, sekitar empat ribu orang di antaranya merupakan pencari kerja.
Menurut Kepala Seksi (Kasi) Pendaftaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Andi Sitti, selain persoalan blanko, jaringan perekaman yang sering putus membuat pengurusan e-KTP semakin sulit. Warga pun terpaksa menggunakan surat keterangan tanda penduduk sementara.
”Sejauh ini memang banyak kendala terkait pembuatan e-KTP. Masalah klasik adalah kurangnya blanko untuk mengisi data. Selain itu, sistem input data dengan menggunakan jaringan internet juga menjadi salah satu persoalan. Karena selama ini jaringan internet kadang sangat lambat. Kerusakan jaringan perekaman data penduduk dari server pusat juga kerap terjadi. Akibatnya, banyak warga yang terpaksa tidak bisa dilayani petugas untuk mendapatkan identitas kependudukan. Ditambahkan, pemberian surat keterangan tanda penduduk sementara yang diberikan Disdukcapil kadang menjadi persoalan baru.
Pasalnya untuk mengurus berbagai pekerjaan, ada juga perusahaan yang menolak menerima karyawan yang menggunakan surat keterangan tanda penduduk sementara. Padahal dari enam ribu warga Maros yang belum memiliki e-KTP, empat ribu di antaranya merupakan pencari kerja.
”Lebih dari empat ribu orang yang datang ke kantor Dinas Catatan Sipil Daerah setempat untuk mengurus e-KTP, harus kecewa. Karena tidak adanya blanko KTP sejak delapan bulan lalu,” katanya.
Bagi warga yang hendak mencari pekerjaan, kendala pengurusan e-KTP ini tentu sangat mengganggu. Pasalnya, selain mudah robek dan tercecer, secarik kertas pengganti KTP ini hanya berlaku selama enam bulan. Sehingga mereka harus bolak-balik ke kantor Capil hanya untuk memperbaharui surat itu. (bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top