SKPD Jangan Jadikan Satpol PP Pasukan ‘Berani Mati’ – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

SKPD Jangan Jadikan Satpol PP Pasukan ‘Berani Mati’

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Makassar, sebagian ternyata masih ‘apatis’ melakukan koordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk membahas berbagai persoalan di dinas bersangkutan.

Hal tersebut terlihat, belum lama ini, sebagian SKPD yang diselimuti berbagai problem, namun proses komunikasi dengan Satpol PP masih saja diabaikan. Padahal, secara yuridis tugas pokok Satpol PP sebagai penegak hukum dan perundang undangan atau eksekutor di lapangan ketika terjadi problem yang mengancam Dinas terkait.
“Saling menghargai sebagai mitra kerja, jangan hanya tugas berat di lapangan baru Satpol di suruh bertindak. Tapi rapat internal juga perlu, karena Satpol PP bukan pasukan berani mati yang siap bertempur,” ujar Edwar S, Kabid Penegakan Perda Satpol PP Makassar, Rabu (22/3).
Menurutnya, tugas dan fungsi pokok Satpol PP tak hanya di lapangan, melainkan saat rapat koordinasi atau pembahasan kegiatan harus dilibatkan untuk mengetahui pokok persoalan yang dihadapi SKPD.
“Komunikasi dan koordinasi antara sesama sangat penting. Tugas Satpol PP tak hanya turun lapangan eksekusi, tapi kalau ada rapat bersama bisa dilibatkan,” tuturnya.
Oleh sebab itu, Edwar berharap jalinan komunikasi antara sesama perlu ditingkatkan untuk menjawab keluhan masyarakat yang komplet di lingkungan sosial, sehingga dengan muda bisa diatasi sorotan di lingkungan setempat.
“Yang kita harapkan itu, kerja sama yang baik akan melahirkan solusi yang lebih bagus,” harap Edwar. (fajar)

Click to comment

The Latest

To Top