Konawe Terima Dua USB dari Kementerian Pendidikan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Konawe Terima Dua USB dari Kementerian Pendidikan

Kadis Pendidikan Konawe, Jumrin Pagala.

KOLAKAPOS, Unaaha–Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan di Konawe terus ditingkatkan. Mulai dari peningkatan mutu pendidikan hingga tunjangan para guru tidak lepas dari sasaran Pemkab Konawe.

Tahun ini, seiring dengan sinergitas program Pemkab Konawe dengan pemerintah pusat dibidang pendidikan, dinas pendidikan Konawe mendapat bantuan dari Kementrian Pendidikan berupa pembangunan dua unit sekolah baru (USB) yang terletak di kecamatan Meluhu dan Routa.
“Sebenarnya bantuan unit sekolah baru dari Kementerian pusat yang kita usulkan itu tujuh unit, tapi setelah dilakukan verifikasi oleh Kementerian hanya dua yang diterima,” ungkap Kadis Pendidikan Koawe, Jumrin Pagala, kemarin.
Bantuan USB ini hanya diperuntukan untuk pembangunan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di dua kecamatan dan saat ini tim pengelola, konsultan dan bendahara sedang melakukan pembahasan anggaran di pusat untuk dua USB.
“Anggarannya murni dari pusat, kita juga belum tahu berapa anggarannya, karena masih dibintekan oleh konsultan dan tim pengelolanya, karena pembangunan USB satu unit ini berada di kecamatan Routa di perbatasan provinsi, bisa saja anggaranya berbeda dengan sekolah yang berada di kecamatan Meluhu,” katanya.
Jumrin menjelaskan, pembangunan dua USB ini melihat jaranknya begitu jauh.
“Masing-masing terdapat lima sekolah pendukung (SD, red) di wilayah ini, untuk jarak sekolah dengan peserta didik saat ini berjarak empat kilometer, kalau USB ini resmi dibangun maka akan memberikan kemudahan kepada anak-anak kita, mungkin minggu depan saya penandatanganan MoU di Makassar” jelasnya.
Ia menambahkan, lima usulan USB yang belum lolos verifikasi akan kembali diusulkan, dengan memperhatikan kriteria yang menjadi aral hingga ditolaknya usulan tersebut. “Kita usulkan tujuh, hanya dua yang lolos, jadi sisanya tetap kita usulkan lagi tahun ini, dengan melihat apa-apa saja yang menjadi penghalang sehingga tidak lolos verifikasi ke lima sekolah ini,” tutupnya. (m4)

Click to comment

The Latest

To Top