Polman Keciprat Dana Septic Tank Rp8 Miliar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Polman Keciprat Dana Septic Tank Rp8 Miliar

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Polman–Pemerintah pusat kembali mengguyur dana sebesar Rp8 miliar untuk proyek pengelolaan sanitasi lingkungan di Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Proyek ini akan dikerjakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dana DAK sebesar Rp8 miliar itu ditujukan untuk membangun bak penampungan limbah atau septic tank rumah tangga seperti seperti tinja dan air cucian sisa buangan di sembilan kelurahan yang ada di Kecamatan Polewali.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dayang Tahir didampingi Kepala Seksi Air Bersih dan Sanitasi, Alam Syakh Firdaus mengatakan, per 31 Maret 2017, kontrak kerja proyek tersebut akan ditandatangani. Pihaknya sudah menyiapkan titik lokasi yang akan ditunjuk untuk pembangunan septic tank ke rumah masyarakat. “Kami sudah bekerja sama dengan KSM di masing-masing kelurahan. KSM inilah yang akan menentukan lokasi pembangunan itu,” katanya. Menurutnya, septic tank itu akan mencover 10 hingga 15 rumah warga, di mana tiap keluarahan akan dibangun sebanyak 3 sampai 4 tempat pembuangan dengan pagu anggaran mencapai Rp292 juta.
Dia pun menjelaskan, semua limbah air dari rumah tersebut akan ditampung masuk ke bak septic tank. Di dalam bak kemudian diolah dan air keluar dari bak, sehingga septic tank bisa dapat digunakan kembali. “Air yang keluar kemudian bisa dipakai untuk menyiram tananaman. Nanti ada masyarakat disana yang khusus mengelolanya,” timpalnya.

Paling penting sambung dia, tidak ada lagi kubangan air di sekitar rumah warga. Karena biasanya rumah panggung di kawasan perkotaan membuang begitu saja air limbahnya yang mengakibatkan timbulnya aroma bau menyengat dan terkesan kumuh. Proyek ini merupakan proyek percontohan, dan khusus menyasar kawasan kumuh di perkotaan yang diharapkan dapat membantu warga menjaga sanitasi lingkungan. Proyek serupa sudah pernah dilakukan di daerah Tonyaman, namun dengan spesifikasi yang berbeda.(parepos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top