Menperin Dorong Industri Semen Nasional Perluas Ekspor – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

Menperin Dorong Industri Semen Nasional Perluas Ekspor

Pabrik Semen

KOLAKAPOS, Rembang–Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terus berupaya menjaga iklim usaha dan kepastian investasi dalam negeri, terutama untuk sektor manufaktur strategis.

Salah satunya yakni lewat pembangunan fasilitas produksi PT Semen Indonesia di Rembang, Jawa Tengah.

“Kami terus dorong agar industri semen nasional memperluas pasar ekspor karena masih sangat potensial. Misalnya ke Australia dan beberapa negara Asia lainnya,” ujar Airlangga, Minggu (19/3).

Menurut Airlangga, industri semen sebagai sektor strategis laik ditetapkan sebagai obyek vital nasional.

Status tersebut bisa memberikan jaminan keamanan dan kelancaran bagi investasi dan kegiatan produksi industri, termasuk perlindungan karyawan.

“Selama ini produsen semen di Indonesia telah menerapkan prinsip industri hijau, di mana dalam proses produksinya melakukan upaya efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan sumber daya secara berkelanjutan serta ramah lingkungan,” paparnya.

Beberapa perusahaan terbukti mampu memenuhi standar industri industri hijau yang ditetapkan oleh Kemenperin.

“Mereka berhasil meraih penghargaan industri hijau dari Kemenperin pada 2016, yakni Semen Indonesia Group (PT Semen Gresik, PT Semen Padang dan PT Semen Tonasa), PT Holcim Indonesia, PT Semen Baturaja, serta PT Indocement Tunggal Prakarsa,” tutur dia.(chi/jpnn)

1 2 Next

Click to comment

The Latest

To Top