Warga di Bombana Produksi Tuak Manis – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Warga di Bombana Produksi Tuak Manis

Brigadir Multi Bahbinkantimnas kelurahan Poea.FOTO:Haliqfat/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Rumbia–Mendengar kata “tuak”, yang terlintas di pikiran adalah minuman yang memabukkan. Namun tuak manis dari kelurahan Poeya kecamatan Rumbia tengah kabupaten Bombana ini berbeda. Minuman ini adalah olahan sebagian warga kelurahan Poeya kecamatan Rumbia tengah kabupaten Bombana, aman untuk dikonsumsi, karena tidak memabukkan.

IPTU Muh.Arman mengatakan, ide ini lahir melihat tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum polsek terkhusus pada kekerasan rumah tangga akibat mengkomsumsi tuak pahit (miras tradisional) cukup tinggi. Bahkan, hampir tiap bulannya selalu saja terjadi tindakan kriminal akibat komsumsi tuak.

Jadi untuk mengurangi tindak kekerasan, tanpa harus menutup usaha para warga, pihak kepolisian dalam hal ini Bhabinkamtibmas mencari terobosan baru, yakni merubah tuak menjadi minuman manis.

“Selama ini Tuak merupakan minuman yang memabukkan. Namun minuman ini dibuat tidak membuat orang memabukkan, karena produksi tuak dari pohon aren yang awalnya pahit dirubah menjadi manis,” ungkap kepada Kolaka Pos.

Ia mengungkapkan, saat ini hasil sosialisasi selama sebulan terakhir ini dari babinkantimnas di kelurahan poea para petani aren sudah meningkatkan produksinya dari tuak pahit menjadi manis,”Awalnya tuak ini pahit,kami rubah menjadi manis dengan cara meningkatkan cara pengelohannya alhasil peningkatan produksi,”ungkapnya

IPTU Muh.Arman menambahkan peningkatan produksi tuak bukan hanya bernilai ekonomis bagi para petaninya,bahkan berdampak positif pada kesehatan bagi yang mengkomsumsinya.

Ada berbagai khasiat terkandung di dalamnya diantaranya mengobati penyakit diabetes,menjaga kesehatan tulang,melancarkan pencernaan,mengobati sariawan dan masih banyak lagi.

“Saya berharap apa yang menjadi inovasi dari bahbinkantimnas ini terus berjalan dan di pertahankan,dan dapat menciptakan ide-ide kreatif untuk membangun peningkatan perekonomian masyarakat sehingga dapat meminilisir terjadinya kriminalitas,”ungkapnya
Saat ini kepolisian sektor (polsek) Rumbia gencar melakukan peningkatan produksi tuak dari pohon aren yang awalnya pahit menjadi manis. (k6/b)

Click to comment

The Latest

To Top