Mesin Penetas Telur Dinilai Mampu Tingkatkan Ekonomi Warga – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Mesin Penetas Telur Dinilai Mampu Tingkatkan Ekonomi Warga

Babinkamtibmas polres konsel saat menunjukan hasil terobosannya bersama Kasubbag Humas AKP Yusuf Tawang.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ekonomi warga. Salah satunya seperti yang diterapkan Bintara Pembinaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas), Desa Aoreo Kecamatan Lainea Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Brigadir Jalal. Pria tersebut, memiliki terobosan dalam meningkatkan perekenomian warga dengan cara memanfaatkan membuat kulkas rusak menjadi mesin penetas telur ayam.

Dijelaskannya, modifikasi kulkas berawal saat masyarakat akan membuang kulkasnya karena rusak, melihat hal ini Bhabinkamtibmas meminta kulkas tersebut karena telah terpikirkan akan manfaatnya dimasyarakat.

“Kulkas rusak tersebut dipadukan dengan limbah-limbah komputer, berupa power suply dan kipasnya, serta alat-alat toko berupa kabel, lampu pijar 5 watt, termometer, higrometer dan thermostat,” jelas Brigadir Jalal.

Lanjutnya, untuk membuat alat penetas tersebut biayanya tidak menghabiskan setengah jutaaan rupiah, namun sekali penetasan bisa menghasilkan jutaan rupiah dan ini sangat membantu ekonomi dimasyarakat.

“Saat ini sudah digunakan masyarakat diluar Kecamatan Lainea, walaupun di desa binaannya belum digunakan karena sosialisasi penggunaannya baru dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 18 Maret 2017, di balai Desa Aoreo,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Aoreo Banasuru mengatakan pihaknya sangat berterima kasih dan bangga kepada Polri khususnya Bhabinkamtibmas Desa Aoreo atas terobosan kreatif yang telah dibuat.

“Ini akan saya tindak lanjuti kepada seluruh warga desa Aoreo menjadi, sehingga menjadi tambahan penghasilan dan sebagai lumbung ternak baik ayam kampung maupun itik,” harapnya.

Ditambahkan, Kasubbag Humas AKP Yusuf Tawang kreatifitas tersebut tidak memerlukan tempat yang luas, halaman rumah yang sempitpun bisa dijadikan tempat penetasan telor.

“Brigadir Jalal, bukan kulkas saja inovasi tetapi limbah-limbah kayupun bisa dijadikan penetas telor, dan sebelumnya telah mengajarkan kepada ibu-ibu didesa binaannya,” terangnya. (k5/b)

Click to comment

The Latest

To Top