Satpol PP Rangkul Mantan Begal – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Satpol PP Rangkul Mantan Begal

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Aksi pencurian dengan kekerasan yang kerapkali dilakukan begal menjadi persoalan serius dan harus segera diselesaikan Pemerintah Kota Makassar. Meski berbagai tindakan serta pencegahan telah dilakukan dari pihak terkait, namun aksi begal yang banyak dilakukan anak di bawah umur masih sering terjadi.

Olehnya itu, untuk menciptakan Makassar nyaman dan aman, Pemerintah Kota melalui Satpol PP Kota Makassar menghadirkan program Makassar Bebas Begal.
Program tersebut menggandeng unsur Tripika diantaranya unsur kecamatan, Danramil dan Polsek. Tidak sampai disitu, Satpol PP Kota Makassar juga merangkul para mantan preman atau begal serta tokoh masyarakat dalam menyukseskan program Makassar Bebas Begal.
Kasatpol PP Kota Makassar, Iman Hud mengatakan, sasaran dari program tersebut yakni mendata mantan pelaku begal yang telah menjalani proses rehabilitasi atau penahanan untuk kemudian diberikan pembinaan dan pelatihan. Pelatihan berupa keterampilan ketenagakerjaan, sehingga mantan pelaku begal sadar akan nikmatnya dunia kerja dengan memiliki pendapatan tetap.
“Untuk awal ini kita masih mendata, validasi dan memverifikasi data mantan begal di Makassar yang kami peroleh dari Polsek setempat. Selanjutnya, kami mendatangi rumahnya guna memberikan sosialisasi pemahaman yang kemudian akan diberikan keterampilan sesuai dengan tujuan dari program Makassar Bebas Begal,” jelas Iman Hud usai melakukan konsolidasi Makassar Bebas Begal.
Imam menambahkan, Satpol PP memilih dua kecamatan di Makassar untuk dilakukan pendataan, sosialisasi dan pembinaan yakni Kecamatan Ujung Pandang dan Kecamatan Rappocini.
“Kita upayakan mantan begal dapat bermanfaat baik dirinya maupun orang sekitarnya. Misalnya, memberikan pelatihan keterampilan dan pekerjaan yang layak. Sehingga dia tidak terpengaruh lagi dan memberikan contoh kepada temannya untuk tidak melakukan begal,” katanya. (bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top