Harga TBS Sawit Langgar Permentan di Sulbar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Harga TBS Sawit Langgar Permentan di Sulbar

KOLAKAPOS, Mamuju Utara–Panitia khusus (Pansus) harga TBS sawit, DPRD Provinsi Silbar ke Kabupaten Mamuju Utara (Matra) terungkap, adanya pelanggaran dalam penetapan harga TBS sawit. Walaupun penetapan harga TBS itu sudah diatur sesuai peraturan yang berlaku. Ketua Pansus harga TBS sawit, Rayu menjelaskan, harga TBS sawit di Sulawesi Barat dalam penetapannya telah melanggar Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No 14 Tahun 2013, tentang pedoman penetapan harga pembelian TBS kelapa sawit produksi pekebun. Bukan hanya itu, Peraturan Gubernur (Pergub) Sulbar No 12 tahun 2016 tentang penetapan indeks “K” dan harga pembelian TBS kelapa sawit produksi pekebun di Provinsi Sulawesi Barat.

Penetapan harga TBS, kata Rayu, tidak sesuai penetapan harga kakao lainnya. Menentukan harga indeks sesuai jarak tempuhnya dan itu harus dipahaminya. Sekarang yang dipertanyakan, bagaimana upaya dilakukan pansus agar tidak merugikan pihak manapun. ” Pansus tentunya tidak mau merugikan petani,”ujarnya. Kenyataan yang terjadi selama ini, pihak perusahaan tidak mau pernah memperlihatkan
harga TBS yang sebenarnya. ” Bukan kami mau campuri urusan perusahaan, tapi tentu harus diperlihatkan kepada pihak pemerintah termasuk DPRD,”timpal Rayu.

Hingga saat ini, Pergub tentang harga TBS sawit belum pernah dilakukan revisi. Sebagaimana diketahui, setiap penjualan akan dikembalikan 4 persen ke petani sesuai mekanismenya. Terkesan pihak penetapan harga TBS, melakukan monopoli dan mempermainkan harga seenaknya. Sehingga masyarakat mengalami kerugian mencapai miliaran rupiah.

Sekretaris Penetapan harga TBS sawit Provinsi Sulbar, Kaharuddin menuturkan, harga TBS bukan ditentukan pihak perusahaan. Untuk naiknya harga tentu ditentukan naiknya CPO itu sendiri. Pusat pembelian CPO ada di Sumatra, sebab PT Astra memindahkan pabriknya di Sulbar. Sebagaimana perbandiangan harga, PT Astra sekarang membeli TBS dari masyarakat Sulbar, tapi harga jualnya sama dengan harga yang ada di Sumatera.
” Untuk harga TBS di Matra saat ini sebesar Rp1. 430 dan harga CPO perusahaan Rp 7000 perkilonya,” kata Kaharuddin.(bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top