Kasus Mantan Kades Wonuakongga Tunggu Audit BPKP – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Kasus Mantan Kades Wonuakongga Tunggu Audit BPKP

KOLAKAPOS, Andoolo–Berkas perkara tersangka dugaan korupsi dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD), mantan Kades Wonuakongga, kecamatan Lainea, Konsel, Laode Suleman, kini sudah tingkat penyidikan. Pemeriksaan saksi-saksi juga telah dirampungkan oleh Kejari Konsel.

Kejari Konsel melalui Kasi Intel Ramadan menjelaskan, kini tinggal menunggu hasil perhitungan audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sultra. Dimana sebelumnya sudah ada hitungan dari Kejari Konsel dengan jumlah kerugian negara Rp250 juta lebih.
“Kemarin kita sudah gelar ekspose di BPKP Provinsi, terhadap perkara penyidikan mantan Kades Wonuakongga atas nama Laode Suleman. Dalam waktu dekat hasil audit BPKP akan segera diselesaikan,” jelasnya.
Untuk data-data pendukung lanjut dia, Kejaksaan sudah serahkan ke BPKP dan rencananya BPKP akan ke lapangan hitung kerugian negara pada 20 Maret 2017.
“Kalau hasil auditnya sudah keluar, maka kami akan melakukan pemberkasan. Kemudian berkas tersebut dari penyidik akan diserahkan ke penuntut umum,” ungkapnya.
Lebih lanjut dikatakannya, Laode Suleman dari hasil pantauan di lapangan, sudah sejak lama tidak di Konsel lagi. Bahkan pihak keluarga sudah tidak mengetahui keberadaan tersangka.
“Minggu ini kami sudah masuk pemanggilan ketiga, dan kalau juga belum diindahkan maka kami akan meminta secara resmi pihak kepolisian untuk menetapkan tersangka sebagai DPO,” tegasnya.
Untuk diketahui, Laode Suleman mencairkan DD dan ADD tahap dua pada 2016 lalu. Kemudian Laode Suleman hanya membayar honor aparat desa, selebihnya dibawa kabur. Uang yang awalnya berjumlah Rp300 juta lebih yang dicairkan, terealisasi hanya sekitar Rp40 juta lebih. Jadi tersisa Rp250 juta yang belum dipertanggungjawabkan. Uang sebesar Rp250 juta itu peruntukannya untuk operasional PKK, LPM, BPD, tunjangan sekertaris desa, bendahara dan pembangunan fisik di desa Wonuakongga. (k5)

Click to comment

The Latest

To Top