Bangun TPAS, Koltim dapat Bantuan Anggaran Rp 15 M – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Bangun TPAS, Koltim dapat Bantuan Anggaran Rp 15 M

Net/Ilustrasi tempat pembuangan sampah akhir

KOLAKAPOS, Tirawuta–Kabar gembira buat warga Kabupaten Kolaka Timur. Sebab, tahun ini daerah yang dipimpin oleh Tony Herbiansyah sebagai bupati dan Andi Merya Nur sebagai wakil bupati Kolaka Timur akan membangun Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS). Tidak tanggung-tanggung, anggarannya mencapai belasan miliar yang bersumber dari anggaran APBN.

Sesuai rencana, TPAS ini akan dibangun di Desa Lara Kecamatan Tirawuta. Hal itu, diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Koltim Muh Aras MSi, saat di temui di kantor bupati koltim belum lama ini.

“Insha Allah tahun ini, Koltim mendapat bantuan pembangunan TPAS dari pemerintah pusat. Anggaran pembangunan TPAS ini mencapai angka 15 Miliar rupiah, yang saat ini dalam proses lelang dimana satkernya berada di provinsi,” ungkapnya.

Kecipratnya Koltim atas bantuan APBN tersebut menjadi satu satunya daerah di Sultra yang ada. Maksudnya, yang mendapatkan bantuan untuk bantuan TPAS. “Ada juga daerah lain, tapi masih dalam tahap negosiasi, kalau, Koltim sudah final tinggal dibangun. Dan sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Koltim di bawah kepemimpinan Bapak Bupati dan Wakil Bupati, itu sudah disediakan lahan seluas 6 hekatare, meskipun anggaran pembuatannya hanya untuk 5 hektare. Selain itu, juga sudah dilakukan pemetaan dan lain sebagainya sebagai faktor pendukung,” bebernya.

Pembuatan TPAS ini masih kata Aras, sebagai langkah awal dan maju untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah sampah, mengingat Tirawuta ini adalah ibu kota kabupaten yang dampak pembangunan di berbagai bidang meningkat dengan pesat.(ing)

Click to comment

The Latest

To Top