BI dan Konawe Kerjasama Dibidang Pertanian – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

BI dan Konawe Kerjasama Dibidang Pertanian

Sekda Konawe Ridwan saat menandatangani peresmian rumah pengolahan pupuk bersama kepala kantor BI perwakilan Sultra, Minot Purwahono.FOTO:Husman/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Unaaha–Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe bersama Kepala Kantor Bank Indonesia perwakilan Sultra, meresmikan rumah pengolahan pupuk organik di desa Wowa Nario, kecamatan Anggotoa, kemarin (14/3). Peresmian tersebut dihadiri oleh Sekda Konawe Ridwan dan Kepala BI perwakilan Sultra, Minot Purwahono.
Ridwan menyampaikan, upaya BI Sultra dalam meningkatkan kualitas petani di Konawe melalui berbagai kegiatan pertanian sangat membantu para petani, karena selama ini faktor yang membuat petani kurang berkembang lantaran sumber dana atau modal yang kurang memadai. Selain itu, pangsa pasar yang kurang memberikan keuntungan lebih bagi petani dan sumber daya manusia yang kurang ahli dalam bidang pertanian.
Ia melanjutkan, Pemda Konawe dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), baik dari dinas pertanian dan dinas ketahanan pangan selama ini juga terus melakukan peningkatan kesejahteraan petani dan pemberian alat bantu pertanian, namun hal ini terukur dari sumber dana pemerintah tiap tahunya, maka untuk mengakomodir seluruh petani di Konawe tidak bisa dilakukan sekaligus.
“Kehadiran BI dalam memberikan bantuan pendanaan dan pembinaan dibeberapa desa itu sangat membantu. Kami berharap perhatian BI kepada Konawe tidak hanya berakhir tahun 2017. Kalau bisa terus berkelanjutan,” tandasnya.
Sementara itu Minot Purwahono menuturkan, program yang digagas BI dalam bidang pertanian merupakan program yang memang memberikan nilai lebih, dalam melaksanakan ketahanan pangan di Konawe, khususnya di desa Langgomea, kecamatan Uepai, desa Wawosolo, kecamatan Wonggeduku dan desa Wawo Nario, kecamatan Anggotoa. Program ini sudah berjalan selama tiga tahun.
Selain meresmikan rumah pengolahan pupuk, pada kesempatan ini juga, Minot bersama Pemda Konawe melaunching dua pupuk organik.
“Hari ini (kemarin, red) kami hadir dalam rangka meresmikan rumah pengolahan pupuk organik dan sekretariat Gapoktan. Kami juga melaunching produk pakan olahan dengan merk Momina dan produk pupuk organik dengan merek Morome,” paparnya. (m4)

Click to comment

The Latest

To Top