Pemprov Siap Bebaskan Lahan Rusunawa – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Pemprov Siap Bebaskan Lahan Rusunawa

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Pemerintah Provinsi Sulsel berencana membangun rumah susun sewa (rusunawa) di belakang kantor gubernur Sulsel.

Untuk kepentingan itu, pemprov harus membebaskan lahan yang diperkirakan mencapai 10 hektare.
Sekretaris Provinsi Sulsel, Abdul Latif mengatakan, saat ini Pemprov Sulsel sementara mengkaji dan mempersiapkan administrasi untuk pembebasan lahan warga yang dibutuhkan.
Sejauh ini, kata Abdul Latif belum ada negosiasi dengan pemilik lahan namun pihaknya sudah menginformasikan rencana pemprov itu kepada para pemilik lahan.
“Belum ada negosiasi. Kita lengkapi dulu administrasinya,” kata Abdul Latief.
Tahun ini, lanjutnya, pemprov mempersiapkan anggaran sekitar Rp20 hingga Rp30 miliar untuk pembebasan lahan dengan estimasi harga saat ini sekitar Rp300 hingga Rp400 ribu per meter persegi.
Sekprov menambahkan, untuk membebaskan seluruh lahan yang akan digunakan, dibutuhkan anggaran sekitar Rp57 miliar. Pembebasannya akan dilakukan secara bertahap.
Rencananya, di atas lahan di belakang Kantor Gubernur Sulsel itu, akan dibangun dua twin blok rusunawa.
Rencana ini sebenarnya sudah diwacanakan sejak 2012, namun baru akan direalisasikan.
Dari perhitungan 2012 lalu, untuk 10 hektare, dibutuhkan anggaran pembebasan sebesar Rp30 miliar. Tetapi anggaran tersebut dipastikan naik, seiring kenaikan harga lahan.
Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Andi Bakti Haruni mengatakan, pihaknya menunggu penyelesaian pembebasan lahan dulu untuk bisa masuk dalam proses pengerjaan fisik. Pada dasarnya, tidak ada persoalan untuk memulai proses pembangunan sepanjang dananya di back up. Apalagi master plan rusunawa tersebut sudah ada. Tinggal merancang detail engineering design (DED). (bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top