Pemkab Muna Jalin Kerjasama dengan Kejari – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Pemkab Muna Jalin Kerjasama dengan Kejari

KOLAKAPOS, Raha–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna menjalin kerjasama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna. Hal ini bertujuan untuk membantu Pemda Muna dalam menyelesaikan permasalahan hukum atau sengketa hukum. Hal itu terlihat kemarin (13/3), Bupati Muna, LM Rusman Emba melakukan penandatanganan MOU dengan Kejari Muna dibidang perdata dan Tata Usaha Negara (TUN) yang digelar di aula Galampa Kantolalo jalan bypas Raha Senin (13/3) siang.

Kepala Kejaksaan Negeri Muna, Badrut Tamam mengatakan, pelaksanaan MoU tersebut didasari atas fungsi dan tugas kewenangan Kejaksaan Republik Indonesia sesuai yang diatur dalam pasal 30 undang-undang nomor 16 tahun 2004.

Meski demikian, Badrut Tamam menegaskan, untuk pendampingan di bidang pelaksanaan proyek, Kejaksaan tidak memberikan jaminan bahwa tidak akan melakukan pemeriksaan jika pada saat pengerjaan proyek terjadi indikasi korupsi yang dapat merugikan keuangan negara didalamnya. “Sebagaimana yang digariskan oleh pimpinan, bahwa pendampingan terhadap sebuah pelaksanaan proyek bukan semata-mata untuk memberikan sebuah jaminan, bahwa nanti kejaksaan tidak akan mengotak-atik persoalan-persoalan atau yang dikenal dengan korupsi yang muncul. Namun, harapan ini semua dengan kita dampingi Insya Allah kita untuk melakukan hal-hal yang menyimpang yang dapat merugikan keuangan negara akan terhindari,” terangnya.

Untuk itu, ia berharap MoU tersebut segera ditindak lanjuti oleh pemda Muna dengan mengeluarkan Surat Kuasa Khusus (SKK). Sehingga apa yang digariskan Presiden Republik Indonesia sebagaimana percepatan penyelesaian proyek-proyek di daerah, Kejari dapat memberikan subangsi khusus kepada pemkab Muna. “Harapan kami, MOU ini sesegera mungkin ditindak lanjuti dengan adanya SKK. Sehingga apa yang kita lakukan dapat segera terwujud,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Bupati Muna LM Rusman Emba mengucapkan terimakasih terhadap Kejari Muna yang telah membuka ruang kepada Pemda Muna untuk dapat memberikan bantuan hukum, pertimbangan hukum, dan tindakan hukum melalui MOU tersebut. “Dalam persoalan hukum ini memang ada regulasi-regulasi baru yang sering bermunculan dan kemudian juga hal-hal yang bersifat administratif itu kadang kala kita lupa,” ucap ketua FKPPI Prov. Sultra ini.

Olehnya itu, orang nomor satu di Bumi Sowite ini menginstruksikan agar seluruh jajaran birokrasi pemerintahan di SKPD Muna dapat memanfaatkan ruang tersebut. “Hari ini sudah ada ruang dengan menandatangani MOU. Jadi saya akan sampaikan pada SKPD, jika ada keraguan atau ada masalah-masalah tentu harus selalu berkonsultasi dengan Pak Kajari atau pada staf Kejari Muna,” Imbuhnya.

Pantauan Kolaka Pos, penandatanganan MOU antara Pemkab Muna dengan Kejari Muna yang berlangsung di gedung aula Galampa Kantolalo jalan bypas kota Raha disaksikan seluruh jajaran pimpinan SKPD, Forkompimda, Kades/Lurah Camat, Jajaran Kepala Seksi Kejaksaan serta puluhan PNS lingkup Pemkab Muna. (m1/b)

Click to comment

The Latest

To Top