Organda Setuju Pengoperasian Petepete Smart – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Organda Setuju Pengoperasian Petepete Smart

Net/ILustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Pengusaha Angkutan Kota (Angkot) dan sopir melalui Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Makassar, meminta Pemerintah Kota Makassar untuk mengoprasikan petepete smart sesuai jalur yang telah disepakati bersama.
Hal tersebut dilakukan agar aktifitas para sopir petepete konvensional tidak terganggu dengan aktifitas petepete smart pada saat tahap uji coba.
Tidak sampai disitu, pemerintah kota juga diharap dapat benar-benar menjamin kesejahteraan baik pengusaha petepete konvensional maupun sopir angkutan dengan hadirnya petepete smart berbasis IT di Kota Makassar.
Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Makassar, Saenal Abidin mengatakan, setujunya pengusaha dan sopir petepete konvensional dengan hadirnya petepete smart karena adanya komitmen bersama pemerintah kota untuk meningkatkan kesejahteraan pengusaha serta sopir angkutan konvensional.
Dalam kesepakatan itu, ujar Saenal, pemerintah kota dalam hal ini Wali Kota Makassar telah menyetujui akan membayar jasa sopir angkutan dengan hitungan per kilo meter, sehingga para sopir tidak lagi ngebut atau berburu penumpang di jalan.
“Untuk hitungan berapa perkilo meter belum ada kepastian, karena ini masih perlu dibicarakan bersama. Itu memang sudah dijanjikan Wali Kota Makassar sebelumnya. Kalau untuk rute kita sudah sampaikan untuk awal petepete smart dioperasikan di jalur yang belum dilalui petepete konvensional tetapi memiliki cukup banyak penumpang seperti di Jalan Penghibur ke Jalan Metro Tanjung Bunga sampai ke Barombong,” ucap Saenal.
Terkait dengan rencana pemerintah kota melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar yang akan mengoprasikan petepete Smart di tahun ini dengan pengadaan tambahan 10 unit di Jalan Penghibur, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Metro Tanjung Bunga, Saenal mengaku belum setuju. Soalnya, ia meminta ke pemerintah kota untuk mengingat komitmen bersama. Untuk itu, pihaknya akan mengundang para pengusaha dan sopir untuk kembali duduk bersama membicarakan rencana tersebut.
“Kita sudah tunjukan rute mana saja yang bisa dilalui petepete smart sebagai percontohan, bukan rute atau trayek yang sudah diisi petepete konvensional. Ada rencana saya akan mengundang kembali pengusaha dan sopit petepete untuk bicarakan itu dengan pak Wali,” tambahnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, Mario Said belum dapat di konfirmasi melalui via telvon sellulernya terkait dengan hal itu. (bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top