Jembatan Timbang Diambil Alih Pusat – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Jembatan Timbang Diambil Alih Pusat

KOLAKAPOS, Makassar–Pasca diambil alih pengelolaannya oleh Kementerian Perhubungan, sejumlah jembatan timbang yang berada di Sulsel belum difungsikan kembali.
Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Ilyas Iskandar, berdasarkan informasi yang diperoleh dari pihak kementerian, pertengahan Maret mendatang, jembatan timbang akan difungsikan kembali.
“Informasinya, pertengahan Maret ini akan difungsikan kembali, ” kata Ilyas
Bahkan setelah beroperasi, kata dia, sepenuhnya pengelolaan jembatan timbang akan berada di bawah kewenangan Kementerian Perhubungan. “Bukan kita yang kelola sudah dikelola oleh pemerintah pusat,” jelasnya.
Terpisah, anggota Komisi D DPRD Sulsel Bidang Pembangunan, Selle KS Dalle berharap, ada perbaikan sistem saat jembatan timbang kembali beroperasi. “Mudah-mudahan dengan beroperasinya kembali jembatan timbang setelah berhenti beberapa waktu lalu, ada perbaikan sistem pengawasan dan kontrol yang bisa diukur oleh masyarakat, khususnya bagi mobil truk angkutan barang,” ujar Selle.
Selle menambahkan, dari hasil evaluasi Dinas Bina Marga, salah satu faktor utama yang menjadi penyebab kerusakan jalan raya adalah mobil dengan muatan bertonase berat yang melebihi kapasitas maksimum. “Kondisi jalan mantap Provinsi Sulsel saat ini dari 1500.177 Km baru mencapai 67 persen. Masih jauh dari memadai. Dampak dari kondisi jalan seperti itu menyebabkan arus distribusi barang di lintas Sulsel masih tergolong berbiaya tinggi,” ucapnya.(bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top