Jelang Pilkades, Sosialisasi Tahapan Pilkades Mulai Digelar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Jelang Pilkades, Sosialisasi Tahapan Pilkades Mulai Digelar

KOLAKAPOS, Kolaka–Menjelang Pemilihan Kepala Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kolaka mulai melakukan sosialisasi ke sejumlah desa yang akan menggelar Pilkades. Seperti yang dilakukan senin, (13/3) kemarin, DPMD menggelar sosialisasi tahapan pilkades di Balai Pertemuan Desa Petudua Kecamatan Tanggetada Kolaka.

Kepala Dinas PMD Kolaka yang diwakili oleh Kabid Pemerintahan Desa, Abdullah Badi mengatakan bahwa mengingat pelaksanaan pilkades serentak di kabupaten Kolaka yang rencananya akan digelar pada bulan mei mendatang, maka pihaknya kini melaksanakan sosialisasi tahapan pelaksanaan pemilihan dimaksud. Sosialisasi ini kata dia dimaksudkan agar semua proses dan tahapan pemilihan dapat berjalan sebagaimana aturan yang berlaku.

“Kita menginginkan agar pilkades yang digelar serentak tahun ini bisa berjalan sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku. Makanya karena waktu pelaksanaannya yang direncanakan bulan mei semakin dekat, maka kita menggelar sosialisasi tahapan pemilihan, mulai dari pembentukan panitia pemilihan, penetapan daftar pemilih sementara (DPS), DPT, penjaringan bakal calon kades, penetapan calon kades, pemungutan, penghitungan suara, penetapan kades terpilih hingga persiapan pelantikan kepala desa terpilih.

Sementara itu, Penjabat Kepala Desa Petudua, Kadek Suarjana yang dimintai keterangan terkait pilkades di desanya mengatakan bahwa bahwa sosialisasi tahapan pilkades yang digelar saat ini melibatkan semua pihak terkait yang ada di daerah tersebut utamanya masyarakat Desa Petudua. Sebab kata dia pilkades yang akan digelar akan ditentukan oleh masyarakat dan untuk masyarakat Petudua enam tahun kedepan.

“Selain sosialisasi tahapan pilkades, kami juga membentuk Pengganti Antar Waktu (PAW) Badan Perwakilan Desa (BPD) Petudua karena dua dari lima anggota BPD ikut bertarung pada Pilkades Petudua. Bahkan susai pemilihan BPD, kami juga membentuk Panitia Pemilihan Kepala Desa,”terang mantan Penjabat Kades Kukutio ini.

Sosialisasi tahan pilkades di Desa Kukutio juga dihadiri oleh Camat Tanggetada, Waka Polsek Watubangga, Babinkantibmas dan Babinsa Petudua, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat serta tim sosialisasi DPMD Kolaka. (cr3/b/hen)

Click to comment

The Latest

To Top