Pegadaian Masuk Bisnis Leasing – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Pegadaian Masuk Bisnis Leasing

Net/Ilustrasi

DP Kredit Motor dan Mobil Cuma 10 Persen

KOLAKAPOS, Palopo–PT Pegadaian (Persero) Area Palopo mulai keluar dari core bisnis mereka yakni gadai emas. Dengan meluncurkan produk terbaru yakni kredit mobil dan motor. Itu dilakukan untuk menjawab tantangan dimana persaingan bisnis pembiayaan yang menuntut untuk terus berinovasi.

“Per tanggal 6 Maret kemarin kami sudah launching dan mulai melakukan pemasaran di sejumlah unit,” kata Kepala Deputi Area Pegadaian Palopo, Hari Susanto kepada Palopo Pos, Kamis, 9 Maret 2017. Namun yang menarik dalam pemasaran perdana mereka adalah DP (down payment) yang di lempar ke pasaran hanya 10 persen dari OTR (On The Road). Itu tentu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Down payment yang selama di pasarkan oleh kalangan swasta sebesar 25 persen yang berdasarkan ketentuan Otoritas Jasa keuangan (OJK) di tahun ini.

Produk mereka yang diberi nama Amanah ini merupakan pembiayaan yang berbasis syariah. Jadi, adanya pembagian hasil dari harga kendaraan yang dipesan hanya 0,9 persen perbulan kepada nasabah. Karna sejumlah potensi ini, pegadaian palopo optimis bakal diserbu masyarakat untuk pembiayaan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. “Sampai saat ini juga sejumlah dealer baik roda empat maupun roda dua sudah melakukan kerjasama dengan kami untuk pembiayaan kendaraan mereka,” kata Hari.
Meski adanya kelonggaran yakni DP 10 persen serta setara bunga kredit per bulan namun pihaknya menekankan survey yang super ketat. Itu terlihat sejak produk ini diluncurkan, untuk setahun ini pihaknya hanya menargetkan 24 transaksi, atau 24 kendaraan roda dua dan empat yang bakal dilakukan pembiayaan.

Pegadaian merambah bisnis ini kata Hari karna melihat tantangan yang semakin kompleks. “Ini upaya Pegadaian untuk Diversifikasi Produk, karna Kami di BUMN juga tidak BOLEH terkungkung dalam satu produk, selain itu semakin memudahkan konsumen memenuhi komsumtif mereka,” tandasnya. (palopopos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top