Distan Koltim Sediakan 100 Hektar Untuk Tanam Cabai – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Distan Koltim Sediakan 100 Hektar Untuk Tanam Cabai

Kadis Pertanian, Laski Paemba saat melihat langsung lokasi penanaman cabai.FOTO:La Inga/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Tirawuta–Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) mendapatkan banguan 40 hektar lahan untuk penanaman cabai. Kepala Dinas Pertanian (Distan) Koltim, Laski Paemba mengatakan, 40 hektar tersebut merupakan anggaran dari pemerintah pusat yang tersebar di beberapa Kecamatan yang ada dan saat ini sementara dalam proses. Mulai dari peninjauan lokasi maupun lainnya. Meski demikian katanya, setelah dilakukan kunjungan dibeberapa Kecamatan yang ada. Ternyata respon masyarakat untuk menanam cabai sangat tinggi. Sebab, ada sekitar 60 hektar yang diluar dari kuota yang diporsikan oleh pemerintah pusat.

“Makanya, 60 hektar ini merupakan swadaya, sehingga kami dari Dinas selalu mendampingi mereka. Lain halnya yang 40 Hektar. Itu bersumber dari APBN, sehingga kalau di totalkan mencapai 100 hektar untuk lokasi penanaman cabai di Koltim pada tahun ini,” tuturnya.

Untuk itu katanya, semoga dengan adanya bantuan pemerintah maupun inisiatif beberapa kelompok yang mulai membudidayakan cabai di Koltim, kelak bisa menjadikan Kolaka Timur penghasil cabai terbanyak dan menjadi penyuplai dibeberapa daerah lainnya. Baik itu di Sultra maupun diluar daerah lainnya yang saat ini harga cabai makin tinggi.
“Selai itu, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat demi tercapainya kesejahteraan sesuai dengan visi misi bupati dan wakil bupati kolaka timur,” harapnya. (ing)

Click to comment

The Latest

To Top