Reksa Dana Bakal Makin Beragam – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

Reksa Dana Bakal Makin Beragam

OJK. Foto: JPNN

KOLAKAPOS, Jakarta–Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menerbitkan beberapa peraturan baru terkait dengan produk-produk pengeloaan investasi seperti reksa dana target waktu dan dana investasi multiaset.

Reksa dana target waktu adalah produk investasi yang terencana dengan alokasi aset yang makin konservatif seiring dengan usia.

Sementara itu, dana investasi multiaset adalah produk investasi bagi investor besar dan sophisticated yang melampaui kapasitas reksa dana konvensional.

Dua produk baru tersebut akan diterbitkan sebagai bentuk pemenuhan aspirasi industri pengelolaan investasi Indonesia yang membutuhkan produk one-stop solution.

OJK juga sedang merevisi ketentuan tentang kontrak pengeloaan dana (KPD) yang mengubah nilai minimum investasi investor dari Rp 10 miliar menjadi Rp 5 miliar.

Hal itu dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak investor untuk menyusun portofolio secara profesional.

Relaksasi ketentuan itu dikeluarkan agar kemudahan berinvestasi pada produk KPD dapat dinikmati, bukan hanya oleh investor yang melaksanakan program amnesti pajak, tetapi juga seluruh investor pasar modal.

Selain itu, untuk mengakomodasi pembiayaan pembangunan infrastruktur, saat ini OJK merumuskan peraturan mengenai dana investasi infrastruktur.
Nanti, produk tersebut dapat menyalurkan dana investasi pada proyek-proyek pengembangan infrastruktur publik, baik yang masih berstatus greenfield (praproduksi) maupun yang sudah berjalan.

”Ruang fiskal untuk mendorong pertumbuhan terbatas, sedangkan pembangunan, khususnya infrastruktur, membutuhkan pembiayaan besar. Inilah yang mendasari OJK untuk terus meningkatkan peran pasar modal sebagai sumber pembiayaan jangka panjang,” terang Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad di sela-sela acara Market Outlook 2017 Mandiri Investasi di Jakarta.

Untuk memperkuat sisi supply di pasar modal, lanjut Muliaman, OJK menyiapkan beberapa ketersediaan ragam produk yang dapat menjadi pilihan investor.

Selain KPD, produk-produk tersebut adalah reksa dana penyertaan terbatas (RDPT), dana investasi real estate (DIRE), serta efek beragun aset surat partisipasi (EBA-SP) untuk mendukung pembiayaan sekunder perumahan. (jpnn)

Click to comment

The Latest

To Top