Personel Polres Lakukan Rikkes Berkala – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Personel Polres Lakukan Rikkes Berkala

Salah seorang Polwan Polres Kolaka, sedang menjalani proses pemeriksaan kesehatan.FOTO:Muzakkir/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Sebanyak 110 personel Polres Kolaka, melakukan Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) secara berkala, yang dilakukan oleh Biddokes Polda Sultra, di Aula Kemitraan Polres Kolaka.

Kaur Dokkes Polda Sultra, Ipda Richard menjelaskan, Rikkes berkala yang dilaksanakan di Polres Kolaka, untuk memeriksa kondisi kesehetan seluruh anggota personel polisi Polres Kolaka. “Tujuannya, untuk mengetahui segala gejala jenis penyakit secara dini, sehingga bisa dengan segera untuk ditindak lanjuti sesuai petunjuk dokter,” ungkapnya saat ditemui di sela pemeriksaan.

Dia mengatakan, personel Polres Kolaka yang ikut Rikkes berkala berjumlah 110 orang, namun sebelumnya, Rikkes berkala juga pernah dilakukan kepada 79 orang personel Polres Kolaka, saat mengikuti pendidikan lanjutan SIP. “Rencana total Rikkes berkala personel Polres Kolaka hanya 150 orang, namun karena anoimo anggota Polres Kolaka yang akan melakukan pemeriksaan cukup tinggi, sehinga melampaui target dan mencapai 189 orang untuk jumlah keseluruhan,” ujarnya.

Richard menambahkan, Rikkes berkala anggota Polri pada perinsipnya terdiri dari pemeriksaan luar, yang meliputi pengecekan gigi, tensi dan kejiwaan, sementara pemeriksaan dalam meliputi pemeriksaan darah, air seni, jantung hingga ronsen.

“Rikkes berkala merupakan pembinaan kesehatan anggota Polri, namun jika dalam pemeriksaan urine terdapat personel polisi yang positif menggunakan obat terlarang, maka akan menjadi catatan dan dilaporkan kepada pimpinan tinggi Polda Sultra,” terangnya.

Dia berharap, animo personel polisi untuk melakukan Rikkes berkala semakin meningkat, meski dirinya mengaku terkadang mendapat kendala saat melakukan Rikkes berkala, ketika personel polisi sedang bertugas di lapangan. “Namun setidaknya personel meluangkan waktu untuk memeriksa kesehatan, untuk mengetahui kesehatan, karena pemeriksaan merupakan modal penting untuk melaksanakan tugas selanjutnya,” tandasnya. (cr1)

Click to comment

The Latest

To Top