Harga Sayur Belum Juga Turun – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

Harga Sayur Belum Juga Turun

Sayuran. Foto Yessy Artada/jpnn.com

KOLAKAPOS, Bandung–Harga beberapa jenis sayuran masih cukup tinggi, meski intensitas hujan mulai mengalami penurunan.

Bahkan wortel, harganya malah terus merangkak naik. Hal ini terjadi karena pedagang tidak ingin merugi akibat kondisi beberapa sayuran yang mudah membusuk.

Wayan Murni salah seorang pedagang sayur-mayur di Pasar Badung Cokroaminoto, Denpasar, saat ditemui mengungkapkan harga wortel impor saat ini berada di kisaran Rp 40 ribu per kilogram dan untuk wortel lokal berkisar Rp 25 ribu per kilogram.

Menurutnya, harga tersebut terbilang tinggi jika dibandingkan dengan harga wortel biasanya yang hanya Rp 15 ribu – Rp 20 ribu per kilogram untuk wortel impor, dan Rp 10 ribu untuk wortel lokal.

“Wortelnya sekarang gampang busuk. Jadi biar tidak terlalu merugi, sekarang harganya lebih mahal,” katanya.

Sementara itu, untuk beberapa jenis sayuran lainnya masih normal.

Contohnya saja harga tomat yang bisanya berkisar Rp 5 ribu per kilogram hingga saat ini masih bertahan Rp 8 ribu per kilogram.

Buncis, sayur hijau, dan mentimun pun juga begitu, harganya saat ini masing-masing Rp 15 ribu per kilogram, Rp 12 ribu per kilogram, dan Rp 10 ribu per kilogram.

“Cabai rawit juga masih mahal, Rp 120 ribu per kilogram,” ujarnya.

Menurutnya, harga sayur-mayur ini berpeluang mengalami peningkatan kembali mendekati hari raya, terutama kentang.

Sebab, saat mendekati hari raya, banyak masyarakat yang memanfaatkan kentang untuk membuat sambal hati.

“Namun produksi petani pada saat jelang hari raya pasti menurun karena sibuk mempersiapkan hari raya. Jadi mau tidak mau harga akan naik,” terangnya.

Hal senada diungkapkan Jro. Menurutnya, harga sayur khususnya wortel terus mengalami peningkatan dan kini berkisar Rp 40 ribu per kilogram untuk wortel import.

Dia mengatakan naiknya harga wortel sudah terjadi dari beberapa minggu lalu yang sebelumnya sempat Rp 20 ribu per kilogram.

“Kalau normal dan melimpah, harga wortel import biasanya Rp 12 ribu per kilogram. Saya harap harganya bisa kembali normal, jadi cepat lakunya,” pungkasnya.(jpnn)

Click to comment

The Latest

To Top