Raskin Diantar Langsung ke Rumah Warga – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Raskin Diantar Langsung ke Rumah Warga

Net/ILustrasi

KOLAKAPOS, Parepare–Kota Parepare dinilai menjadi pelopor program beras untuk masyarakat miskin (Raskin) gratis di Sulsel. Hal ini diakui oleh Pemprov Sulsel. Kepala Dinas Pendapatan Provinsi Sulsel Tautoto Tanaranggina Sarungallo mengakui kerja-kerja Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe, terutama dalam menggratiskan beras Raskin kepada penduduk miskin di Parepare.
Kebijakan ini mencatatkan Taufan sebagai wali kota pertama di Sulsel yang memberi Raskin gratis kepada warganya. Ini juga sekaligus menjadi inovasi baru bagi Pemerintah Kota Parepare yang diharapkan menstimuli sektor lainnya guna menghadirkan layanan kepedulian serupa.
“Program Raskin gratis yang diterapkan Wali Kota Parepare adalah ide yang sangat visioner, dan jika ada yang ingin menerima beras Raskin datang saja ke Kota Parepare,” imbuh Tautoto dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pencapaian Realisasi Pendapatan serta Realisasi Fisik dan Keuangan Dispenda Sulsel di Parepare, belum lama ini.
Wali Kota Taufan Pawe mengatakan, program beras Raskin untuk warga miskin ini berangkat dari intervensi pemerintah daerah dalam menggratiskan beras Raskin. Karena selama ini yang terjadi, meski dikatakan beras miskin faktanya masyarakat harus tetap mengeluarkan uang untuk menikmati Raskin.
Taufan mengungkapkan, seluruh biaya untuk menggratiskan Raskin ditanggulangi Pemerintah Kota Parepare melalui program beras Raskin di APBD 2016. Raskin ini dialokasikan bagi 4.965 kepala keluarga sasaran (pra sejahtera) di Parepare.
Raskin gratis mulai diberlakukan sejak 1 Januari 2016. Penerima di seluruh Parepare sudah tidak dibebankan membayar Raskin sebesar Rp24 ribu per zak seperti sebelumnya. Tahun ini, setelah menggratiskan beras Raskin, Taufan Pawe punya terobosan lain. Yakni mengantar langsung Raskin tersebut, sampai di rumah warga penerima, juga secara gratis. Jadi warga tidak perlu lagi menjemput di kantor kelurahan, tapi cukup menunggu petugas kelurahan yang akan membawakan sampai di depan pintu rumah. “Kita tidak boleh setengah-setengah dalam melayani warga, setelah digratiskan saya memerintahkan kepada seluruh lurah untuk mengantarkan langsung beras ke depan pintu penerima raskin,” imbuh Taufan. “Jadi warga tidak perlu lagi keluarkan uang ojek untuk datang mengambil di kelurahan, lumayan uang ojek itu bisa mereka gunakan untuk membeli kebutuhan lain,” lanjut Taufan.
Lurah Bukit Indah Yosep Lobo dibantu 31 ketua RT yang berada di kelurahannya dengan menggunakan kendaraan roda tiga hasil hibah dari Bank Sulselbar langsung merealisasikan perintah wali kota dengan berkeliling membagi-bagikan beras Raskin ke depan pintu penerima raskin. “Kami langsung mendistribusikan beras Raskin kepada 453 penerima di Bukit Indah. Hanya saja perlu waktu karena ada beberapa wilayah yang tidak bisa dijangkau kendaraan dan harus dipikul,” ungkap Yosep.
Mansyur, warga Kelurahan Bukit Indah Kecamatan Soreang, yang sedang terkulai akibat sakit stroke berterima kasih atas Raskin gratis yang diantar langsung tersebut. “Terima kasih banyak pak, saya sangat senang sekarang Raskin diantar sampai di rumah. Ini sangat membantu sekali untuk saya, jadi tidak perlu mi lagi keluarkan uang untuk pergi ambil ki,” ucapnya lirih.(bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top