63 Ribu Sapi dan Kerbau Akan Diasuransikan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

63 Ribu Sapi dan Kerbau Akan Diasuransikan

KOLAKAPOS, Sidrap–Sebanyak 63.434 ekor sapi dan kerbau di Kabupaten Sidrap bakal diasuransikan Pemerintah Daerah (Pemda) Sidrap. Anggaran untuk asuransi ini berasal dari bantuan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Hal itu dibenarkan Kabid Peternakan, Sadiliah di sela-sela Musrenbang penyusunan rencana pemerintah daerah RKPD 2018, di Aula SKPD Sidrap.
Sadiliah menjelaskan, program tersebut merupakan inisiatif dari Pemerintah Provinsi Sulsel bekerja sama dengan pihak asuransi yang menginginkan agar para peternak di Sulsel, termasuk Sidrap untuk diasuransikan ternaknya.
Menurutnya, pemerintah tidak mau peternak merugi akibat kematian, kecelakaan atau pencurian yang kerap terjadi bagi hewan-hewan ternak, khususnya sapi dan kerbau.
Besaran asuransi yakni Rp200 ribu per ekor per tahun. Namun, pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp160 ribu per ekor per tahun.
“Jadi yang dibayar pemilik ternak itu hanya Rp40 ribu saja per ekornya setiap tahun. Ini sangat membantu peternak, sebab bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap sapi atau kerbau, maka asuransi akan berikan premi Rp10 juta per ekor,” ucapnya.
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, Abdul Aziz berharap, dengan adanya program ini bisa membatu masyarakat keluar dari segala persoalan yang kerap menimpa hewan peliharaan mereka. “Saya harap peternak bisa asuransikan hewan ternaknya, khususnya sapi dan kerbau. Kita tidak mau ada hal-hal terjadi, makanya kita coba membatu masyarakat dengan memberikan subsidi asuransi ini,” tandasnya.
Adapun sapi atau kerbau yang bisa masuk asuransi, sudah berusia satu tahun ke atas. Diketahui, jumlah populasi sapi di Sidrap sebanyak 60.430 ekor, dan 3.004 ekor kerbau.(bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top