Hujan Deras dan Angin Kencang, Pohon Tumbang di Tiga Titik – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Hujan Deras dan Angin Kencang, Pohon Tumbang di Tiga Titik

POHON tumbang di jalan poros Palopo-Masamba, tepatrnya Kelurahan Maroangin, Kecamatan Telluwanua. Gambar direkam Senin 6 Maret 2017.

KOLAKAPOS, Palopo–Hujan deras disertai angin kencang mengguyur Kota Palopo. Tak pelak, laporan adanya pohon tumbang di tiga titik terdengar. Kejadiannya hampir bersamaan. Pohon menimpa badan jalan sehingga memacetkan jalan.

Untung saja masyarakat dan anggota kepolisian serta BPBD Kota Palopo cukup tanggap. Tidak sampai sejam, pohon tumbang sudah dibereskan. Arus lalu lintas kembali lancar.

Informasi yang diterima Palopo Pos dari Polres Palopo dan BPBD Kota Palopo, pohon tumbang awalnya terjadi di poros Palopo-Toraja. Tepatnya di km 8 Battang. Itu terjadi sekitar pukul 15:00 Wita. Pohon tersebut menutupi badan jalan. Tetapi cepat dibereskan oleh masyarakat dan anggota Polsek Wara sehingga tidak menyebabkan macet yang terlalu lama.

Masih hujan deras mengguyur Palopo, terdengar lagi informasi ada pohon tumbang di poros Palopo-Masamba. Itu sekitar pukul 15:30 Wita. Persisnya di Kelurahan Maroangin, Kecamatan Telluwanua. Akibat pohon tumbang yang menutupi badan jalan, terjadi kemacetan arus lalin hingga kurang lebih 10 Km.

Personil Polsek Telluwanua dipimpin Kapolsek Telluwanua, AKP Daud Sisang dan BPBD Kota Palopo, langsung melakukan pembersihan jalan. Itu menggunakan alat senso agar lebih cepat. Sekitar pukul 16:20 Wita, arus lalu-lintas kembali normal. Itu setelah batang pohon tumbang dipindahkan ke tepi dalam bentuk potongan-potongan.

Di saat pembersihan pohon tumbang di Telluwanua. Ada lagi laporan pohon tumbang di Jalan Cakalang Mas. Kembali Kapolsek Wara, Kompol Arsyad Kaonga, memerintahkan anggota ke TKP. Untung saja, pohon yang tumbang tidak begitu bersar, sehingga dengan mudah dipindahkan. Arus lalu lintas tetap normal.

Kapolres Palopo, AKBP Dudung Adijono SIk, yang dimintai keterangannya mengatakan, pohon tumbang di tiga titik ini cepat dibersihkan oleh masyarakat, kepolisian dan BPBD. “Tadi ada tiga laporan terjadi pohon tumbang. Pertama di daerah Battang, kedua di Telluwanua. Ketiga di Jalan Cakalang. Itu semua sudah kita bersihkan,” ucapnya.

Perwira dengan pangkat dua melati di pundak ini juga membantah keras kabar adanya jalan amblas di poros Palopo-Toraja. “Itu tidak benar, tidak ada jalan amblas disana. Yang ada hanya pohon tumbang. Anggota sudah melakukan pengecekan. Kabar itu tidak benar,” tegasnya.
Hal senada juga dikemukakan Koorlap Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Palopo, Adi Syaiful. ”Kabar tentang jalan di poros Toraja-Palopo di Km 36 ambruk, itu tidak benar. Anggota sudah melakukan pengecekan. Tidak ada terjadi. Yang ada hanya longsor sedikit di bagian pinggir jalan. Tetapi tidak sampai menutup jalan apalagi sampai ambruk. Yang terjadi hari ini (baca kemarin, red) ada pohon tumbang di tiga titik,” tandasnya.(palopopos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top