Pramuka Saka Bhayangkara Polda Sultra Diajari TPTKP – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Pramuka Saka Bhayangkara Polda Sultra Diajari TPTKP

Pramuka Saka Bhayangkara Polda Sultra Diajari TPTKP.FOTO:Muzakkir/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Anggota pramuka Saka Bhayangkara binaan Polda Sultra, mendapat pelatihan penanganan dan pengamanan, Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP), dalam kasus kriminal dan kecelakaan lalu lintas akhir pekan lalu.

Pelatihan yang berlangsung di Bumi Perkemahan Air Panas, kelurahan Ulunggolaka, kecamatan Latambaga, kabupaten Kolaka tersebut, merupakan rangkaian kegiatan perkemahan Sabtu-Minggu (Persami), yang dimulai sejak Sabtu (4/3) hingga Minggu (5/3), dengan peserta Saka Bhayangkara Polres Kolaka, Polsek Kolaka Utara dan Saka Bhyangkara Polres Bombana.

Kaur Identifikasi Polres Kolaka, Bripka Sahidin Fajar yang menjadi instruktur TPTKP menjelaskan, pemberian materi tersebut kepada anggota Pramuka Saka Bhayangkara, untuk memberikan pembelajaran pentingnya melakukan olah TKK, dengan memasang garis polisi, untuk mengamankan TKP agar masyarakat tidak masuk di lokasi kejadian, sebelum polisi datang. “Karena di dalam TKP, ada barang bukti atau tersangka yang mudah hilang atau dihilangkan, apabila tidak dilakukan TPTKP,” ungkapnya saat ditemui usai memberikan materi.

Dengan adanya pembelajaran TPTKP sejak dini, masyarakat tidak lagi takut untuk dijadikan sebagai saksi, dalam sebuah perkara. “Sebab saksi di TKP, sangat membantu kerja polisi dalam mengungkap suatu kejadian,” ujarnya.

Dalam pelatihan tersebut, para peserta diajarkan cara menutup dan menjaga TKP, dari orang yang tidak berkepentingan, serta mempertahankan status asli TKP, sebelum pemeriksaan selesai.

Selain itu, peserta diajarkan bagaimana cara mengecek kondisi korban, memberikan P3K kepada korban yang masih hidup, serta mengecek identitas korban jika memungkinkan. Peserta juga diberikan pelatihan, untuk melakukan pencarian singkat kepada pelaku di sekitar TKP, menangkap dan menggeledah pelaku, mengambil identitas pelaku, hingga mencegah pelaku untuk menghilangkan barang bukti. (cr1/b)

Click to comment

The Latest

To Top