Perbaikan Infrastruktur Masih Dominasi Usulan Warga Koltim – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Perbaikan Infrastruktur Masih Dominasi Usulan Warga Koltim

KOLAKAPOS, Tirawuta–Kabupaten Kolaka Timur baru saja selesai melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk tahun anggaran 2018. Dimana dari 12 Kecamatan yang ada, Kecamatan Ueesi sebagai pelaksanaan Musrenbang pertama dan berakhir di Kecamatan Mowewe yang pelgaksanaanya selama sepekan.

Dari 12 Kecamatan itu, yang paling mendominasi usulan masyarakat kebanyakan menginginkan perbaikan sarana infrastruktur seperti jalan dan jembatan. Wajar saja. Mengingat, Kabupaten Kolaka Timur memiliki luas wilayah serta beberapa Kecamatan yang berada paling jauh. Misalnya, Kecamatan Uluiwoi dan Ueesi. Selain itu, karena Kolaka Timur merupakan salah satu Daerah Otonom Baru yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Kolaka dan saat ini baru memasuki usianya keempat pada tahun ini.

Wakil Bupati Kolaka Timur Andi Merya Nur mengatakan, yang paling banyak mendominasi Musrenbang tahun ini adalah Perbaikan sarana infrastruktur seperti jalan dan jembatan. Selain itu, masyarakat juga sangat menginginkan alat-alat pertanian dan pertukangan, bibit lada dan lainnya demi meningkatkan kesejahteraan mereka. “Semuanya itu tersebar di beberapa Kecamatan yang ada,” ungkapnya, senin (6/3).

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Kolaka Timur Mustakim Darwis mengatakan, selain sarana infrastrukur, masyarakat juga banyak yang mengusulkan listrik, pembuatan irigasi dan air minum. Begitu juga dengan sarana Kesehatan dan pendidikan masih mendominasi. Meski demikian katanya, pihaknya juga selalu mengarahakan untuk perwujudan visi misi bupati dan wakil bipati, yaitu, peningkatan sumber daya manusia petani, insdustri rumah tangga kakao, diversifikasi pangan dan mekanisasi pertanian.

“Rencananya, dengan adanya hasil Musrenbang tingkat Kecamatan ini, kita mau laksanakan Forum SKPD. Hal itu kami lakukan untuk mempertemukan usulan kecamatan dengan renja skpd. Nanti setelah itu baru kita musrenbang tingkat kabupaten,” tutupnya diwaktu yang sama. (ing)

Click to comment

The Latest

To Top