Pemkab Tabanan Monitoring Transmigrasi di Konsel – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Pemkab Tabanan Monitoring Transmigrasi di Konsel

Wabup Konsel saat menerima cindera mata dari pemkab tabanan bali yang diserahkan langsungboleh sekda tabanan.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Pemerintah Kabupaten Tabanan Provinsi Bali, mengunjungi Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) untuk melakukan monitoring dan evaluasi kepada warga transmigrasi.

Sekertaris Daerah Tabanan, Nyomang Witno Ariwarso mengungkapkan, hal ini juga sebagai tindak lanjut MOU yang berlangsung sejak 2007 hingga sekarang antara Pemda Tabanan dan Pemda Konsel. Dimana pada Desember 2016 lalu Pemda Tabanan melepas sebanyak 15 Kepala Keluarga (KK) untuk trans di Konsel.

“Kami melepas sebanyak 15 KK atau 47 jiwa, di wilayah Desa Roda Kecamatan Kolono Konsel. ini juga sudah melalui pengkajian-pengkajian, untuk itu kami akan langsung turun kelapangan untuk meninjau bagaimana perkembangan,” jelasnya.

Apakah lanjut dia setelah Pemda Tabanan melepas warganya di Konsel, terutama menyangkut terkait persoalan-persoalan jika ada, sehingga pihaknya akan langsung koordinasikan dengan pemda setempat. Namun secara umum dikatakannya pihaknya telah menerima laporan-laporan bahwa sebenarnya semua sudah berjalan sesuai rencana.

“Harapan kami tentu warga transmigrasi Tabanan, supaya mendapat tempat yang lebih baik sama dengan warga trans lainnya. Karena di Bali salah satu kendala untuk meningkatkan pendapatan warga adalah keterbatasan SDA karena masalah kepemilikan lahan dan aset, dimana jumlah penduduk Bali sudah meningkat,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Konsel Dr Arsalim Arifin Melalui Kepala Dinas Transnaker Konsel Budi Yuliarto Silondae menjelaskan, pada prinsipnya Pemda Konsel sangat mengapresiasi atas kunjungan tim Pemda Tabanan. Dengan adanya MOU tentang penempatan transmigrasi di Konsel.

“Oleh sebab itu kemitraan akan tetap dibangun, untuk pemenuhan pelayanan kepada masyarakat khususnya warga Tabanan Bali. Segala fasilitas akan kami upayakan untuk disiapkan sesuai dengan anggaran daerah yang disiapkan,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, kedepan kerja sama ini dapat terus berlanjut. Dan dapat meningkatkan pembangunan khususnya di Desa Roda Kecamatan Kolono, karena keberadaan warga trans tersebut banyak memberikan kontribusi positif.

“Jadi total transnya sebanyak 15 KK atau 47 jiwa, tim yang datang sebanyak delapan orang dipimpin langsing oleh Sekda Pemkab Tabanan,” tandasnya. (k5/b)

Click to comment

The Latest

To Top