Harga Cabai Naik Lagi – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

Harga Cabai Naik Lagi

Cabai. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

KOLAKAPOS, Malut–Harga rica (cabai, red) nona di Kota Ternate pada Minggu (5/3) kembali naik. Pantauan Malut Post (Jawa Pos Group) di Pasar Barito Bahari Berkesan, harga rica nona meroket ke kisaran Rp 100 ribu, sebelumnya Rp 85 ribu per kilogram.

“Pasokan rica nona terus berkurang, jadi harganya naik,” kata Jun, pedagang.

Dia mengaku mendapat pasokan rica nona sangat terbatas. Dia memperkirakan harga rica nona masih terus naik. Sebab petani lokal mengirim rica nona keluar Malut, sedangkan pasokan dari luar justru berkurang.

“Pasokan rica nona dari luar Malut minim,” katanya.

Dia berharap Pemprov Malut dan pemkab di Malut mengambil peran, untuk mencegah penjualan produk pertanian ke luar daerah, sebab Malut sendiri masih membutuhkan produk tersebut. Jika produksinya berlebihan, maka bisa dikirim ke provinsi lain.

Di satu sisi, harga rica keriting justru turun dari Rp 60 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram. Begitu juga dengan tomat, harganya turun dari Rp 10 ribu menjadi Rp 8.000 per kilogram.

Sementara harga bawang merah, bawang putih dan lemon cui/lemon ikan stabil. Bawang merah dan bawang putih masing-masing Rp 50 ribu per kilogram, dan lemon cui Rp 25 ribu per kilogram.(jpnn)

Click to comment

The Latest

To Top