PDAM Masih Seleksi Berkas Tenaga Kontrak – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

PDAM Masih Seleksi Berkas Tenaga Kontrak

KOLAKAPOS, Makassar–Direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar belum dapat memastikan berapa jumlah tenaga kontrak yang diputuskan kontraknya, khususnya yang berlatar belakang sarjana.

Alasannya, panitia seleksi masih melakukan pengumpulan serta penyeleksi berkas tenaga kontrak yang ditargetkan rampung akhir pekan ini.
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) PDAM Kota Makassar, Idris membenarkan jika Direksi PDAM Kota Makassar belum dapatmemberikan data jumlah tenaga kontrak yang diberhentikan.
“Belum ada jumlah berapa tenaga kontrak yang diberhentikan, karena masih dalam pengumpulan, pemeriksaan dan penyeleksian berkas. Tidak ada ji perekrutan tenaga kontrak dari luar, kita masih fokus mencari tenaga kontrak dari dalam yang masa kontraknya sudah habis untuk segera diperpanjang. Tetapi PDAM hanya membutuhkan tenaga kontrak dari jenjang pendidikan SMA untuk ditempatkan pada bagian pencatat meter dan penggalian,” ucap Idris.
Tidak terkecuali bagi tenaga kontrak wanita, selagi masih ingin bekerja atau bergabung di PDAM Kota Makassar untuk ditempatkan di bagian lapangan dan mengurangi tenaga kontrak yang berada di bagian administrasi.
“Itulah kita masih seleksi, kalau tidak lulus dalam uji kompotensi bagian teknik, kita cari yang lain saja. Kalaupun perempuan tapi bisa atau mampu bekerja sebagai pencatat meter, itulah yang kita pakai. Dan perekrutan ini jelasnya bukan penambahan atau perekrutan pegawai dari luar, kita hanya fokus untuk memperpanjang tenaga kontrak untuk ditempatkan di bagian lapangan. Kalau ada tenaga kontrak yang berlatar belakang sarjana, tetap bisa kembali mendaftar tetapi menggunakan ijazah SMA. Kita ini mau pemangkasan bukan penambahan tenaga kontrak, kalau kita merekrut tenaga kontrak dari luar, berarti itu penambahan,” jelasnya.
Hal yang sama juga diutarakan Direktur Umum PDAM Kota Makassar, Irawan Abadi yang mengatakan, setiap tahun PDAM Kota Makassar melakukan perpanjangan kontrak terhadap tenaga kontrak yang ada. Namun di tahun ini, PDAM Kota Makassar hanya membutuhkan tenaga kontrak untuk ditempatkan di bagian lapangan. Sehingga PDAM Kota Makassar hanya melakukan perpanjangan kontrak terhadap pegawai yang memasukkan berkas dan bersedia ditempatkan di bagian lapangan seperti pencatat meter dan penggalian pipa.
Irawan menambahkan, sudah terlalu banyak tenaga kontrak di PDAM Kota Makassar yang berlatar belakang sarjana dan ditempatkan pada bagian administrasi. Untuk itu, akan dipangkas, karena yang dibutuhkan tenaga kontrak untuk ditempatkan bagian lapangan.
“Sesuai kebutuhan, Direksi PDAM Kota Makassar membutuhkan tenaga kontrak untuk ditempatkan di bagian lapangan. Jadi tenaga kontrak yang mau tetap bekerja di PDAM Makassar, harus bersedia untuk ditempatkan di bagian lapangan. Tetap sarjana mereka diakui, namun harus tetap memasukkan ijazah SMA untuk perpanjangan kontrak,” tuturnya.
Sejauh ini, dirinya juga belum mengetahui jumlah tenaga kontrak yang memasukkan kembali berkas untuk perpanjangan. Hasilnya baru dapat diketahui akhir pekan ini. Dia memastikan PDAM Kota Makassar tidak merekrut tenaga kontak dari luar.
“Pekan ini paling kita sudah dapat hasilnya berapa tenaga kontrak yang kami perpanjang. Karena kita mau uji semuanya dulu apakah layak ditempatkan di bagian lapangan atau tidak. Kalau tidak berarti tidak diperpanjang lagi, karena kita hanya butuh tenaga kontrak untuk ditempatkan di bagian lapangan,” pungkasnya.(bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top