Freeport Tetap Harus Serahkan 51 Persen Saham – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

Freeport Tetap Harus Serahkan 51 Persen Saham

KOLAKAPOS, Jakarta–Pemerintah memberi isyarat tak mau lagi melunak dalam mengatur perusahaan tambang di Indonesia. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menegaskan tetap memegang teguh kebijakan kepemilikan saham Indonesia minimal 51 persen dari perusahan tambang di Indonesia. Hal tersebut juga bakal dilakukan kepada PT Freeport yang saat ini tengah menjadi sorotan publik.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan menyatakan, pemerintah sudah memberlakukan kebijakan tersebut sejak lama. Karena itu, apapun alternatif yang dipilih, 51 persen saham dari Freeport tetap harus menjadi milik pemerintah Indonesia

’’Kami tetap mencari solusi yang terbaik. Namun, parameternya sudah ada, yakni Pemerintah Indonesia mendapatkan 51 persen,’’ ujarnya dalam rilis resmi yang diterima JPG.

Dia menjelaskan, pemerintah sama sekali tak khawatir soal kemampuan untuk membeli saham tersebut. Saat ini, banyak perusahaan termasuk BUMN yang siap mengucurkan dana untuk mendapatkan 51 persen dari saham tersebut. Investor saja boleh-boleh saja ikut membeli saham asal memang mereka berstatus nasional.

’’Itu kan sudah grown field (lahan produksi) bukan green field (lahan eksplorasi) lagi. Jadi orang sudah tahu cadangannya, sudah beroperasi, sudah approved. Mereka pasti berebutan mau memberi dana,’’ ungkapnya.

Selain kebijakan terkait saham, Luhut juga memaparkan pihaknya juga tetap memberlakukan kebijakan nilai tambah seperti kewajiban pembangunan smelter. Hal tersebut diakui bertujuan untuk menyejahterakan rakyat dengan menambah lapangan pekerjaan dan keuntungan bagi Indonesia.(riaupos)

Click to comment

The Latest

To Top