Dit Binmas Polda Sultra Gelar Persami – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Dit Binmas Polda Sultra Gelar Persami

Dit Binmas Polda Sultra gelar Persami Saka Bhayangkara di Ulunggolaka.FOTO:Muzakkir/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dit Binmas) Polda Sultra menggelar Perkemahan Sabtu – Minggu (Persami) tahap II. Kegiatan yang diikuti Saka Bhayangkara Polres Kolaka, Kolaka Utara dan Saka Bhayangara Polres Bombana, di Bumi Perkemahan Ulunggolaka, kecamatan Latambaga.

Kasubdit Bintiblu Dit Binmas Polda Sultra, AKBP La Djua Hastin mengatakan, Persami Saka Bhayangkara tahap II tingkat Polda Sultra dengan peserta rayon Polres Kolaka, Kolaka Utara dan Polres Bombana, merupakan program kerja Dit Binmas Polda Sultra. Sementara Persami Saka Bhayangkara tahap I yang telah dilaksanakan pada November tahun 2016, dengan peserta Rayon Polres Kendari, Polres Konawe dan Polres Konsel. “Untuk Persami Saka Bhayangkara tahap III akan dilaksanakan di Buton, dengan peserta Polres Muna, Polres Bau-bau, Polres Buton dan Polres Wakatobi,” ungkapnya yang ditemui di Bumi Perkemahan Ulunggolaka.

La Djua mengaku, peserta yang merupakan pelajar tingkat SMA sederajat di masing-masing Polres, sangat antusias dalam mengikuti Saka Bhayangkara yang dilakukan oleh Dit Binmas Polda Sulta. “Sebenarnya setiap tahapan Persami pesertanya hanya 66 orang, namun karena semnagat anak pramuka peserta untuk mengikuti Persami yang digelar Dit Binmas Polda Sultra, hingga membludak sekitar 107 peserta,” ujarnya.

Dalam kegiatan Persami, para peserta diberikan materi tentang lalulintas, penanganan bencana alam, penanganan tempat kejadian perkara serta penyuluhan. “Jadi materi yang diberikan, merupakan program Kapolri, yang Profesional, Modern dan Terpercaya,” terangnya.

Dia berharap, dengan adanya materi yang diberikan pada setiap Persami, anggota pramuka diharapkan dapat mengaplikasikan ilmunya di lapangan. “Entah itu bencana alam atau kecelakaan, anggota pramuka bisa melakukan penanganan, jika saat kejadian belum ada polisi di tempat kejadian,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Kolaka AKBP Darmawan Affandy mengatakan, kegiatan Persami kepramukaan Saka Bhayangkara yang dilakukan oleh Dit Binmas Polda Sultra, mengajarkan kepada seluruh anggota Saka Bhayangkara tentang sikap Sportifitas, kerjasama dan gotongroyong. “Seperti halnya Cerdas Cermat yang baru saja dilaksanakan, mengajarkan kepada anggota Saka Bhayangkara untuk berkompetisi secara sehat, sehingga memberikan motivasi baik secara pribadi maupun secara tim, untuk bertanding dan menang tanpa harus ada kecurangan,” terangnya.

Dia berharap, anggota Saka Bhayangkara, yang merupakan generasi penerus bangsa, dapat menanamkan nilai-nilai luruh, disiplin dan menjaga etika. “Intinya generasi muda sebagai penerus bangsa, tentunya kita memiliki kewajiban untuk didik dengan baik, untuk mewarisi tongkat estafet dalam menggapai cita-cita bangsa, sebagaimana yang diharapkan oleh pendiri bangsa ini,” tandasnya. (cr1/b)

Click to comment

The Latest

To Top